Cara Menyemai Benih Bunga Telang Sampai Tumbuh

Urbanina.com - memiliki tanaman bunga di halaman rumah merupakan impian yang bisa dimiliki oleh semua orang. Tanaman bunga bisa menjadi salah satu penghias halaman rumah yang asri sehingga membuat halaman rumah menjadi tampak lebih indah. Selain itu, memiliki tanaman bunga di rumah sendiri juga bisa berdampak positif bagi kebahagiaan pemilik rumah terutama ketika momen menyiram tanaman bunga yang sudah mekar. Ada banyak jenis tanaman bunga yang bisa ditanam mulai dari tanaman bunga kelor, telang, asar dan lain-lain. Cara penanamannya pun juga bermacam-macam ada yang dari menyemai ada juga yang dipindah dari pot. Cara menyemai benih bunga telang bisa menjadi salah satu cara yang bisa anda coba jika ingin menanam bunga telang di halaman rumah anda. menyemai benih bunga telang Sebenarnya menyemai benih bunga telang bisa menjadi salah satu kegiatan bertanam bunga yang masih awan dan terlihat baru bagi anda yang masih pemula. Namun, siapa saja bisa mencobanya dan berhasil apabila mengkuti instrusksi yang tepat. Yang terpenting adalah untuk selalu sadar bahwa menyemai benih bunga telang tersebut hanyalah proses, nanti hasilnya pasti akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Dan bunga telang ini merupakan salah satu jenis bunga yang bisa ditanam di halaman rumah yang bisa memberikan beragam manfaat bagi pemiliknya. Mulai dari bisa digunakan sebagai bahan membuat teh, hingga bermanfaat sebagai obat batuk, mengurangi stress, mengobati infeksi tenggorokan, menambah kekuatan otak, buang telang ini memiliki banyak manfaat bagi manusia selain sebagai penghias halaman rumah. Bagi anda yang mau memiliki tanaman bunga telang ini, anda bisa memulai menanamnya mulai dari tahap penyemaian. Adapun cara menyemai benih bunga telang ini bisa anda lakukan dengan sebelumnya mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk menyemai benih telah tersebut.
  1. benih bunga telang
  2. air secukupnya
  3. sekam bakar
  4. pupuk kohe
  5. wadah semaian
  6. penutup semaian
Setelah semua alat dan bahan telah siap, maka langkah penyemaian dapa dimulai melalui langkah-langkah berikut ini.
  • Yang pertama perlu disiapkan adalah dengan membuat media tanam untuk penyemaian ini. Nah, kali ini kita akan menggunakan campuran sekam bakar dengan pupuk kohe kotoran sapi dengan takaran 1:1 untuk membuat media tanamnya.
  • Campurkan kedua bahan tersebut di tempat terpisah, kemudian letakkan media tanam yang telah siap pada wadah semaian.
  • Buat lubang tanam pada media tanam tersebut dengan jumlah lubang tanam secukupnya saja. Untuk membuat lubang tanam ini, anda cukup menggunakan ujung jari anda yang ditekan ke media tanam, atau anda bisa menggunakan alat lain jika berkenan.
  • Setelah lubang tanam siap, buka kemasan benih bunga telang terlebih dahulu. Kemudian langsung masukkan benih bunga telang tersebut pada lubang tanam yang telah siap.
  • Jangan lupa untuk menutup kembali lubang tanam dengan media tanam yang ada di sekitar lubang tanam.
  • Setelah itu, siram media tanam dengan menggunakan air secukupnya saja hanya sampai media tanam menjadi lembab.
  • Semaian sebaiknya langsung ditutup dengan menggunakan penutup semaian agar bisa segera pecah benih. Biasanya benih akan pecah benih dalam waktu 5-6 hari.
  • Setelah pecah benih, maka penutup semaian tersebut harus segera dibuka dan langsung dikenakan sinar matahari agar tanaman bunga telang tersebut dapat tumbuh dengan baik dan tidak kutilang.
Itulah langkah-langkah penyemaian benih bunga telang yang bisa anda praktekan di rumah. Untuk memaksimalkan tanaman bunga telang yang anda tanam di rumah, anda bisa menggunakan tuwuh sebagai pembenah tanah. Nah, bagi anda yang mau order tuwuh ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *