Cara Menyemai Benih Basil Red Leaves Dengan Rockwool

Urbanina.com – tanaman herbal merupakan jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman untuk keperluan pengobatan. Berbagai jenis tanaman herbal telah banyak tersebar di banyak daerah di indonesia. Terdapat banyak jenis tanaman herbal yang bisa digunakan seperti jenis tanaman mint hingga tanaman basil. Dari banyak jenis tanaman herbal tersebut, tanaman basil adalah salah satu jenis tanaman yang bisa ditanam dengan mudah. Tahapan yang dilakukan tentu saja juga mudah seperti mulai dari cara menyemai benih basil hingga cara panen yang sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan cara penanaman tanaman pada umumnya. Oleh sebab itu, banyak  masyarakat yang lebih memilih untuk menanam tanaman basil tersebut di rumah agar lebih mudah didapatkan apabila sedang dibutuhkan.

cara menyemai benih

Selain memiliki cara penanaman yang mudah untuk dilakukan, mungkin tahapan cara menyemai benih basil menjadi tahapan yang perlu diperhatikan. Hal tersebut dikarenakan tahapan cara menyemai benih basil tersebut merupakan tahapan yang pertama kali dilakukan dan bisa mempegaruhi tahapan penanaman yang selanjutnya. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat yang ingin menanam tanaman basil tersebut untuk mengetahui cara menyemai benih basil yang benar agar tidak terjadi kesalahan di awal tahapan penanaman. Adapun sebelum memulai penyemaian benih basil tersebut anda bisa memilih jenis benih basil yang cocok sesuai dengan kesukaan anda karena memang terdapat beberapa macam jenis benih basil yang bisa ditanam yang memiliki keunikannya tersendiri.

Terdapat banyak jenis tanaman basil yang bisa ditanam di rumah, seperti basil greek mini, basil cinnamon, basil genovene dan basil red leaves. Tidak hanya itu, manfaat yang bisa dihasilkan dari tanaman basil tersebut juga tidak kalah banyak. Tanaman basil bisa digunakan sebagai tanaman untuk menyehatkan jantung, menjaga kesehatan mata, hinigga untuk mengurangi bau mulut. Salah satu manfaat yang menonjol dari tanaman basil adalah tanaman ini bisa menjadi obat mencegah tuberkulosis. Nah, kali ini kita akan membahas menenai cara penyemaian benih basil red leaves menggunakan rockwool. Berikut ini adalah step by step yang bisa anda lakukan.

  • Langkah pertama adalah persiapkan terlebih dahulu rockwool yang akan digunakan untuk penyemaian.
  • Basahi rockwool menggunakan air secukupnya lalu tiriskan hingga rockwool dalam keadaan lembab.
  • Setelah itu, buat lubang tanam pada rockwool tersebut dengan menggunakan tusuk gigi atau semacamnya.
  • Siapkan benih basil red leaves yang akan dilakukan penyemaian.
  • Kemudian, semai benih basil red leaves yang telah siap dengan cara meletakkannya di dalam lubang tanam yang telah siap pada rockwool.
  • Setelah selesai, langsung tutup semaian menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau berwarna gelap.
  • Apabila semaian telah pecah benih, maka penutup semaian tersebut baru boleh dibuka dan semaian siap untuk dikenakan ke sinar matahari langsung.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan penyemaian benih basil red leaves menggunakan rockwool. Cara penyemaian benih menggunakan rockwool ini memang sedikit berbeda apabila dibandingkan dengan menggunakan tanah. Namun, dengan menyemai menggunakan rockwool tersebut anda tidak perlu lagi berurusan dengan becek maupun cacing, sehingga akan lebih bersahabat. Adapun langkah selanjutnya setelah semaian berhasil pecah benih dan menghasilkan daun sejati, anda bisa langsung memindahkannya ke sistem penanaman yang akan digunakan. Anda bisa memilih untuk menggunakan sistem organik, hidroponik maupun aquaponik karena tanaman basil red leaves tersebut bisa ditanam di sistem yang bisa disesuaikan dengan kesukaan penanam. Nah, bagi anda yang mau order benih basil red leaves, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE