Cara Mengaplikasikan Tuwuh Di Lahan Untuk Bertanam

Urbanina.com - tanah merupakan warisan yang arus kita jaga agar bisa bermanfaat juga untuk anak cuku kita. Tanah yang baik tentu saja tanah yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang baik pula. Kalau itu tanah untuk bertanam, berarti tanah tersebut seharusnya memiliki kualitas unsur hara yang baik kalau mau dikatakan sebagai tanah yang baik. Terdapat banyak tanah yang baik yang bisa digunakan untuk bertanam yang ada di indonesia ini. Akan tetapi, ada juga tanah yang kurang baik dikarenakan tanah tersebut sudah tercemar oleh berbagai macam limbah atau mungkin saja sudah terkontaminasi bahan-bahan kimia yang merusak kesuburan tanah. Kita melihat adanya banyak faktor yang memperngaruhi kerusaka pada kesuburan tanah ini. Sehingga, dari pada menyalahkan salah satu dari banyaknya penyebab kerusakan tanah ini, lebih baik kita gunakan waktu dan pikiran kita untuk menemukan cara yang tepat dalam rangka menyuburkan kembali tanah yang kurang baik tersebut. Sebelum berbicara mengenai cara mengaplikasikan tuwuh, hal tersebut memang harus dipahami. cara mengaplikasikan tuwuh Bagi anda yang hobi berkebun tetapi tidak memiliki tanah yang subur, anda tidak perlu khawatir. Karena sekarang anda tetap bisa menyalurkan hobi berkebun anda dengan cara terlebih dahulu memperbaiki kualitas unsur hara tanah yang ingin anda gunakan untuk bertanam. Dalam hal ini, unsur yang memperbaiki kualitas unsur hara tanah tersebut bernama pembenah tanah. Dengan pembenah tanah ini, anda akan dengan mudah memperbaiki kualitas unsur hara pada tanah sehingga tanah yang anda gunakan bisa subur kembali. Salah satu nama pembenah tanah tersebut adalah tuwuh. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan tuwuh ini? Berikut ini adalah cara mengaplikasikan tuwuh bagi anda yang mau membenahi tanah yang mau digunakan untuk bertanam atau berkebun kembali.
  1. siapkan tuwuh beserta air murni secukupnya
  2. siapkan ember atau sejenisnya untuk membuat larutan tuwuh yang mau dibuat
  3. gunakan takaran 1-2 ml per liter air untuk membuat larutan tuwuh ini. Artinya, kalau kita menyiapkan air sebanyak 1 liter, maka cukup campurkan tuwuh sebanyak 1-2 ml saja.
  4. larutkan tuwuh dengan air sesuai kebutuhan, lalu siramkan ke sawah atau lahan pertanian yang mau anda perbaiki
  5. kalau anda menyiram per lubang tanam, anda bisa menakar sebanyak 250 ml saja untuk per lubang tanam
Nah, itulah cara mengaplikasikan tuwuh di tanah yang mau anda suburkan kembali. Cara aplikasi yang mudah ini tentu bisa dipelajari oleh siapa saja baik itu oleh para petani maupun para hobiis berkebun. Sehingga, tanah yang tadinya kurang subur, akan bisa digunakan untuk bertanam kembali setelah menggunakan pembenah tanah tersebut. Nah, bagi anda yang menggunakan tuwuh ini untuk lahan pertanian, anda tetap bisa menggunakan pupuk biasa untuk digunakan di lahan anda tersebut. Kita tahu bahwa salah satu pupuk utama dalam pertanian adalah pupuk npk. Kalau anda menggunakan jenis pupuk npk tersebut, anda bisa menerapkannya sesuai dengan ketentuan dinas pertanian setempat agar cocok dengan takaran yang ditentukan. Kemudian, penggunaan tuwuh bisa anda lakukan bersamaan dengan penggunaan pupuk dasar yang mau anda berikan pada tanaman. Penggunaan tuwuh bersamaan dengan pupuk dasar ini juga direkomendasikan. Jika anda menggunakan pembenah tanah tuwuh ini, anda bisa cukup berhemat karena dari 0,5-1 liter uwuh, bisa anda gunakan untuk 1.000 meter persegi lahan pertanian anda. Sehingga, anda bisa menghitung berapa kebutuhan pembenah tanah tuwuh yang dibutuhkan jika memiliki lahan yang lebih dari 1.000 meter persegi. Nah, bagi anda yang mau order pembenah tanah tuwuh, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *