Cara Menanam Terong Ungu Dengan Cara Organik Di Polybag

Urbanina.com - berkebun sepertinya sudah begitu melekat di benak masyarakat. Hal ini mungkin disebabkan oleh latar belakang negara indonesia itu sendiri yang sejak dahulu memang sudah dikenal sebagai negara agraris. Negara kita tersebut memang sudah sejak zaman nenek moyang sudah mengenal bercocok tanam mulai dari menanam padi hingga menanam berbagai sayuran keluarga seperti kangkung, bayam hingga terong. Cara yang dilakukan untuk bercocok tanam pun sudah berkembang dari masa ke masa. Perkembangan cara bercocok tanam itu sendiri tentunya berdampak positif terhadap dunia pertanian di indonesia. Saat ini masyarakat indonesia sudah mengenal banyak cara bercocok tanam mulai dari organik, hidroponik, maupun aquaponik dan lain-lain. Bercocok tanam dengan cara organik banyak menarik perhatian mengingat kualitas yang baik dari sayuran yang dihasilkan semisal cara menanam terong ungu dengan cara organik. cara menanam terong Tidak hanya terong, berbagai sayuran lain juga memiliki kualitas sayuran yang baik bila ditanam dengan cara organik. Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena tanaman yang ditanam secara organik hanya diberi pupuk alami sehingga tidak tercapur dengan bahan kimia yang berbahaya bagi tanaman. Harga sayuran organik yang beredar di pasaran pun bisa dibilang relatif diatas rata-rata sayuran biasa karena kandungan gizi yang memang sangat baik untuk tubuh. Nah, selain harus membeli terong ungu organik di swalayan, anda bisa menanam sendiri dengan cara menanam terong ungu secara organik di polybag rumah sendiri. Kalau anda mau mencoba bertanam terong ungu organik yang sehat tersebut, berikut ini adalah langkah-langkah atau cara menanam terong ungu dengan cara organik di polybag. Cara menanam terong ungu ini dapat dengan mudah anda praktekan di rumah sendiri.
  • Penyemaian
Menyemai terong ungu dapat anda lakukan menggunakan media tanam tanah atau media tanam lain. Kini kami mencoba untuk menggunakan rockwool sebagai media tanam dan hasilnya memuaskan. Caranya cukup basahi rocwook, tiriskan, biarkan lembab, lalu buat lubang tanam. Nah, tebarkan benih di lubang tanam yang telah dibuat dan benih akan pecah benih dalam waktu 3-4 hari. Benih yang sudah pecah benih tersebut sebaiknya langsung dikenakan sinar matahari dan ditunggu hingga muncul daun sejati.
  • Pindah tanam
Cara mudah untuk pindah tanam adalah dengan menggunakan polybag yang diisi dengan media tanam campuran pupuk kohe kambing dan tanah dengan perbandingan 1:1. Untuk langkah pindah tanam ini bisa langsung anda lakukan dengan membuat lubang tanam pada media tanam didalam polybag kemudian pindahkan tanaman yang sudah tumbuh daun sejati kedalam lubang tanam tersebut. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk langsung menyirami tanaman pertama kali dengan air secukupnya agar kebutuhan tanaman terpenuhi.
  • Perawatan dan panen
Yang perlu diperhatikan dengan baik adalah tahap perawatan tanaman terong ungu yang ditanam dengan sistem organik ini. Karena penanam dilarang untuk menambahkan zat kimia berbahaya sedikitpun terhadap tanaman walaupun tujuannya baik semisal untuk mempercepat pertumbuhan tanaman dan lain-lain. Perawatan cukup dengan penyiraman rutin setiap hari dan penambahan pupuk kohe apabila persediaan pupuk di polybag menipis. Dengan perawatan yang hati-hati tersebut, maka diakhir nanti akan didapatkan hasil panen terong ungu organik yang benar-benar sehat untuk dikonsumsi. Untuk penanaman organik ini memang banyak dilakukan menggunakan polybag karena lebih praktis, murah dan bisa digunakan untuk menanam dalam jumlah banyak sekaligus. Nah, bagi anda yang mau order polybag, anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *