Cara Menanam Tanaman Kenikir Dengan Polibag

Urbanina.com – indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki beragam jenis tumbuhan dan tanaman yang bisa tumbuh di iklim tersebut. Mulai dari tanaman yang biasa kita temui di sekitar rumah hingga berbagai tanaman langka yang hanya bisa ditemui di tempat yang beriklim tropis tersebut. Salah satu tanaman yang yang bisa tumbuh di iklim tersebut adalah tanaman bunga kenikir. Tanaman bunga kenikir merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang sudah banyak dikenal orang. Selain tanaman tersebut mudah ditemui, bunga yang dihasilkan tanaman tersebut juga memiliki warna yang cerah sehingga sangat indah dan cocok digunakan sebagai tanaman hias. Adapun bagi yang menggunakan cara menanam tanaman kenikir sebagai tanaman hias, maka menanam di halaman rumah adalah pilihan yang tepat.

cara menanam tanaman kenikir

Sebenarnya tanaman kenikir tersebut tidak hanya terkenal dikalangan mereka yang menyukai tanaman hias atau tanaman bunga saja. Bagi mereka yang menyukai tanman bunga atau tanaman hias, tentu saja tanaman kenikir sudah menjadi salah satu tanaman yang sudah tidak asing lagi bahkan mungkin sudah sering menanam. Namun, ternyata tanaman dikalangan para petani tanaman bunga kenikir tersebut memiliki peran unik tersendiri. Sehingga banyak yang menggunakan cara menanam tanaman kenikir tersebut di sekitar lahan pertanian untuk menjadi tanaman perangkap hama. Memasang perangkap hama dengan cara menanam tanaman kenikir menjadi salah satu cara yang efektif sehingga tanaman yang ditanam di sawah atau lahan pertanian tersebut bisa lebih bebas hama.

Dikarenakan tanaman kenikir tersebut cocok ditanam di daerah tropis, maka anda juga bisa menanam tanaman tersebut di pekarangan atapun halaman rumah anda. Kini menanam tanaman kenikir tersebut pun tidak perlu ribet dan susah karena banyak sistem tanam yang bisa anda pilih saat menanam tanaman kenikir tersebut. Tanaman kenikir tersebut bisa ditanam dengan menggunakan berbagai sistem tanam seperti sistem organik, hidroponik, aquaponik maupun sistem penanaman lainnya. Untuk menanam di pekarangan rumah, anda bisa menggunakan sistem organik dengan ditanam di polibag. Berikut ini adalah cara menanam tanaman kenikir dengan polibag.

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu media semai untuk menyemai benih tanaman bunga kenikir.
  • Buka kemasan benih kenikir, lalu pilih beberapa benih untuk disemai.
  • Taburkan atau tanamkan benih tersebut ke media semai lalu berikan air secukupnya agar terjaga kelembaban untuk penyemaian.
  • Setelah pecah benih dan tanaman tumbuh daun sejati, maka semaian tersebut siap untuk dipindah tanam.
  • Siapkan polibag yang berukuran minimal 60 cm.
  • Lalu, campurkan sekam bakar, tanah dan pupuk kohe dengan perbandingan 1:1:1 untuk kemudian dijadikan media tanam.
  • Masukkan media tanam ke polibag lalu buat lubang tanam pada media tanam tersebut.
  • Setelah itu, pindahkan tanaman kenikir yang sudah siap pindah tanam tersebut ke lubang tanam yang telah dibuat.
  • Berikan air secukupnya untuk menjaga kelembaban media tanam dan tanaman kenikir siap tumbuh di polibag tersebut.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk menanam tanaman kenikir menggunakan sistem organik di polibag. Dengan menanam tanaman di polibag tersebut maka proses perawatan akan menjadi lebih mudah karena tanaman akan lebih mudah dipindahkan apabila tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup. Adapun untuk mendapatkan tanaman bunga kenikir yang tumbuh maksimal, maka akan lebih baik kalau lokasi penanaman yang dipilih adalah lokasi yang mudah terkena sinar matahari. Nah, bagi anda yang mau order benih kenikir untuk ditanam di rumah, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *