Cara Menanam Tanaman Chery Dengan Sistem Organik

Urbanina.com – menanam tanaman buah menjadi hobi tersendiri yang memiliki karakteristik unik ketika tumbuh di halaman maupun pekarangan rumah. Kini orang lebih suka menanam tanaman buah untuk bisa dipanen sendiri sepuasnya. Ada juga yang menanam buah hanya sebagai hobi saja untuk menghiasi pekarangan. Adapun macam buah yang bisa ditanam di perkarangan rumah tersebut diantaranya adalah kelengkeng, apel, chery, buah murbey dan lain-lain. Apabila tanaman buah tersebut telah berhasil berbuah dan siap panen, maka anak kecil menjadi orang yang paling bahagia karena bisa memetik buah dengan puas tanpa harus membeli. Dan apabila anda mau menanam tanaman buah chery di rumah, anda bisa menggunakan cara menanam tanaman chery dengan sistem organik.

cara menanam tanaman chery

Sistem penanam tanaman buah sebenarnya ada banyak jenis sistem yang bisa anda pilih. Kalau anda suka dengan sistem hidroponik, maka anda bisa mencoba menanam tanaman buah chery ini dengan sistem hidroponik tersebut. Namun, bukan berarti anda harus menanam tanaman chery tersebut dengan sistem hidroponik kalau persediaan alat dan bahannya kurang. Maka, anda bisa mencoba cara menanam tanaman chery ini menggunakan sistem organik. Sistem organik merupakan sistem penanaman yang dikenal bisa menghasilkan hasil tanam yang berkualitas baik dari segi kualitas gizi maupun kualitas harga di pasaran. Kita tahu bahwa banyak jenis sayuran mahal di swalayan dan hal itu salah satunya disebabkan karena sayuran mahal tersebut adalah sayuran organik.

Meskipun hasil tanam organik tersebut memiliki harga yang mahal, namun bukan berarti kita tidak bisa menanam sendiri tanaman organik di rumah. Karena tanaman organik tetap bisa ditanam di pekarangan rumah bagi mereka yang hobi dengan bertanam ini. Seperti halnya pada buah chery, anda bisa menggunakan cara menanam tanaman chery dengan sistem organik di rumah agar bisa memiliki tanaman chery yang menghasilkan buah chery yang penuh gizi. Kita tahu bahwa buah chery merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena telah banyak digunakan sebagai hiasan kue. Berikut ini adalah cara menanam tanaman chery dengan sistem organik sederhana di rumah.

  • Pertama-tama siapkan polybag dengan diameter minimal 20 cm. Polybag ini nanti akan digunakan untuk wadah media tanam pada penanaman chery organik kali ini.
  • Lalu, siapkan juga pupuk kohe, sekam bakar, dan tanah dengan takaran 1:1:1.
  • Campurkan ketiga bahan diatas hingga benar-benar merata. Campuran dari ketiga bahan tersebut lah yang akan digunakan sebagai media tanam kali ini.
  • Masukkan media tanam yang sudah jadi tersebut ke polybag yang telah disiapkan. Lalu, buat lubang tanam pada media tanam tersebut.
  • Buka paketan bibit chery, lalu singkirkan plastik keresek yang membungkus akar bibit.
  • Tanam bibit tersebut ke lubang tanam pada media tanam yang telah disiapkan diatas. Jangan lupa untuk menutup kembali lubang tanam tersebut dengan media tanam disekitarnya.
  • Untuk pertama kali, langsung siram bibit chery tersebut dengan air secukupnya. Hal ini dimaksudkan agar tanaman tidak kekurangan air di tempat barunya.
  • Setelah selesai, langsung kenakan tanaman di tempat yang mudah terkena matahari semisal halaman atau pekarangan rumah.

Demikian adalah cara penanaman tanaman chery dengan sistem organik. Dengan menanam chery menggunakan sistem organik ini, maka diharapkan bisa dihasilkan chery organik yang tidak hanya lezat akan tetapi juga bergizi tinggi. Nah, bagi anda yang mau order bibit chery untuk ditanam dengan sistem organik, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *