Cara Menanam Stroberi Menggunakan Polibag

Urbanina.com – bertanam sudah menjadi salah satu bagian dari seseorang yang memang benar-benar hobi dengan berkebun. Kita tahu untuk bisa berkebun atau bertanam tanaman tidak memerlukan waktu yang banyak dan cukup bisa dilakukan di waktu luang. Sehingga, memiliki hobi berkebun tersebut diharapkan tidak menganggu aktivitas sehari-hari seseorang yang melakukannya. Adapun berbagai tanaman yang bisa ditanam oleh para hobiis tersebut pun beragam dan bisa memilih. Mulai dari sayuran yang ringan untuk ditanam hingga berbagai jenis tanaman buah seperti buah jeruk, mangga maupun tanaman buah stroberi. Salah satu tanaman yang menarik untuk ditanam di rumah adalah tanaman stroberi. Adapun cara menanam stroberi tersebut pun bisa dilakukan dengan mudah dan tidak terlalu ribet.

cara menanam stroberi

Selain karena cara menanam stroberi tersebut tidak terlalu ribet, tanaman stroberi sendiri adalah tanaman yang banyak disukai masyarakat terutama dari kalangan anak-anak. Sehingga bagi anda yang mau tahu cara menanam stroberi untuk ditanam di rumah, hal tersebut sangat cocok dilakukan karena bisa menjadi salah satu hiburan bagi anak-anak ketika sudah panen. Untuk bisa mengkonsumsi buah stroberi, anda tidak perlu lagi untuk membeli di pasar karena di rumah bisa langsung memetik buah tersebut dan dikonsumsi untuk anggota keluarga. Dengan cara menanam stroberi yang mudah tersebut selain bisa menyalurkan hobi, anda sekaligus bisa menghemat pengeluaran keluarga anda.

Bagi anda yang mau menanam tanaman buah stroberi di pekarangan anda, anda bisa menggunakan cara penanaman yang mduah tersebut. Adapun tanaman buah stroberi tersebut bisa dilakukan dengan sistem penanaman diantaranya adalah sistem organik, hidroponik maupun aquaponik. Untuk cara penanaman yang muda, anda bisa menggunakan cara penanaman organik dengan dilakukan menggunakan polibag. Dengan sistem organik tersebut maka diharapkan akan didapatkan buah stroberi yang lebih sehat karena pada sistem penanaman organik sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan kimia sehingga buah yang dihasilkan tersebut merupakan buah stroberi yang alami dan sehat. Berikut ini adalah cara penanaman buah stroberi menggunakan polibag.

  • Langkah pertama adalah dengan menyiapkan benih stroberi terlebih dahulu.
  • Setelah itu, siapkan rockwool lalu basahi hingga menjadi lembab.
  • Buat lubang tanam pada rockwool tersebut lalu letakkan benih stroberi pada lubang tanam yang telah disiapkan.
  • Tutup lalu tunggu semaian hingga pecah benih.
  • Setelah pecah benih, buka penutup semaian lalu langsung kenakan semaian ke sinar matahari dan tunggu hingga semaian siap untuk dipindah tanam.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu polibag dengan ukuran minimal berdiameter 20 cm.
  • Kemudian, siapkan media tanam yang terdiri dari tiga bahan yaitu sekam bakar, tanah dan pupuk kohe masing-masing dengan perbandingan 1:1:1.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata. Setelah selesai dicampur, gunakan campuran tersebut sebagai media tanam.
  • Masukan media tanam tersebut kedalam polibag yang telah disiapkan diatas.
  • Buat lubang tanam pada media tanam.
  • Setelah semaian siap pindah tanam, langsung pindahkan tanaman yang siap pindah tanam kedalam lubang tanam pada media tanam tersebut.
  • Lalu, siram dengan air secukupnya pada tanaman yang telah dipindah tanam tersebut agar tidak kekurangan air.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan pada penanaman tanaman stroberi dengan polibag. Cara penanaman ini bisa anda lakukan di rumah tanpa harus menggunakan lahan yang luas karena tanaman stroberi ini cukup ditanam menggunakan polibag saja. Nah, bagi anda yang mau order benih stroberi, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *