Cara Menanam Strawberry Organik Dengan Barang Bekas

Urbanina.com - Dari jaman ketika masih kanak-kanak hingga sekarang, kita tidak asing lagi dengan buah yang satu ini yang bernama "strawberry". Buah yang satu ini sangat populer karena banyak ditemui pada makanan atau minuman anak-anak. Ketika kita sudah mengenal buah strawberry sejak lama, tetapi apakah kita sudah tahu bagaimana cara menanam strawberry ini? Sebagian mungkin sudah tahu, tetapi saya yakin masih banyak yang belum tahu mengenai kegiatan asyik menanam buah yang imut ini. Sebagian yang lain mungkin juga sudah pernah melihat tanaman ini di kebun buah, tetapi tetap saja belum mengerti lebih dalam mengenai cara menanam strawberry ini. Olaeh sebab itu, kami akan membagikan trik mudah yang bisa anda pakai untuk bisa memulai menanam buah strawberry. Kali ini, tema yang kami ambil adalah cara menanam strawberry dengan barang bekas. Mengapa menggunakan barang bekas? Apakah tidak boleh menggunakan barang baru yang tidak bekas? Tentu saja boleh, anda bisa langsung menggunakan barang baru apabila anda menginginkannya. Satu hal yang perlu anda perhatikan ketika ingin menanam buah strawberry adalah anda perlu memahami bahwa tanaman buah yang satu ini sebenarnya memerlukan kondisi dan iklim tertentu untuk bisa tumbuh optimal. Oleh sebab itu, sebagian besar tanaman buah strawberry ditemukan di tempat yang identik, yaitu di dataran tinggi. Dan yang menjadi alasan mengapa ditemukan di tempat tersebut adalah karena iklim ideal untuk mengoptimalkan tanaman ini adalah iklim dengan suhu yang rendah. Tetapi, ternyata kita juga bisa menanam tanaman yang satu ini di dataran rendah dan bisa juga sampai panen. Mau tahu rahasianya? Simak tutorial cara menanam strawberry dengan barang bekas berikut ini.
  1. Siapkan alat dan bahan untuk penanaman.
Alat dan bahan yang dipersiapkan untuk menanam stawberry tidaklah sulit untuk didapatkan, karena sebagian alat bisa kita ambilkan dari barang bekas, dan sebagian yang lain bisa dari membeli di toko terdekat. Adapun alat bahan yang diperlukan adalah : -benih, kita bisa membelinya di toko pertanian terdekat atau di toko online -media tanam, campuran tanah dan pupuk kandang -wadah media tanam, kita bisa menggunakan bekas wadah cat -air secukupnya -cetok, untuk mengaduk media tanam
  1. Mulai mengolah media tanam
2 Kita menggunakan media tanam yang terbuat dari campuran tanah dengan pupuk kandang. Dan untuk membuat langkah ini menjadi lebih mudah, kita sekalian menyiapkan wadah media tanam sebagai penampung media tanam kita. Seperti yang disebutkan diatas, kita bisa menggunakan barang bekas disekita rumah kita seperti bekas wadah cat atau barang sejenisnya. Gunakan cetok untuk mengambil tanah dan pupuk kandang untuk kemudian diletakkan pada wadah mediat tanam. Aduk hingga merata campuran tersebut, baru kemudian berikan air secukupnya agar media tanam tersebut menjadi lembab. Adapun campuran tanah dengan pupuk kandang yang disarankan adalah campuran dengan perbandingan 1 : 1.
  1. Mulai penanaman dengan menyemai
3 Penanam bisa dimulai dengan penyemaian benih pada media tanam yang telah disiapkan. Itulah mengapa tadi anda perlu memberi air pada media tanam hngga lembab, yaitu agar bisa digunakan untuk menyemai dan menghasilkan hasil yang optimal. Anda cukup membuat lubang tanam pada media tanam, kemudian meletakkan benih tanaman stawberry pada media tersebut. Jangan lupa untuk menutup kembali lubang tersebut dengan media tanam yang ada di sekitar lubang tanam.
  1. Perawatan dan panen
cara menanam strawberry Jika kondisi media tanam terjaga kelembabannya, maka anda akan menemui benih barusan anda semai berubah dan pecah benih dalam jangka waktu kira-kira 1 hari 1 malam. Dengan begitu anda sudah siap untuk melakukan perawatan yang dibarengi dengan rasa sayang terhadap tanaman anda tersebut. Untuk mengungkapkannya, anda cukup melakukan beberapa langkah perawatan seperti menyiram setiap pagi dan sore, memindah ke tempat yang terdapat sinar matahari, dan melindungi tanaman bila ada ayam atau hewan lain yang ingin memakan daunnya. 5 Untuk pemanennannya sendiri, dapat dilakukan dengan mudah dan menjadi kegiatan yang paling berkesan. Pertama-tama, buah strawberry yang muncul akan memiliki warna yang asing di mata kita yaitu berwarna putih atau hijau muda. Nah, baru ketika buahnya matang, kita baru bisa memetik dan memanennya karena saat itu stawberry telah berwarna merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *