Cara Menanam Okra Organik Dengan Barang Bekas

Urbanina.com – Sayuran buah okra, bagi beberapa dari anda mungkin masih kurang kenal dengan sayuran unik yang satu ini. Tetapi, itu tidak menjadi alasan bagi anda untuk tidak menanamnya di rumah anda. Karena, tanaman buah yang satu ini memiliki khasiat yang banyak untuk menjaga kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan mata dan kulit kita yang sehari-hari terkena polusi udara perkotaan dan terik matahari yang membuat kulit kita terasa gatal. Cara menanam okra organik dengan barang bekas ini akan sangat bermanfaat jika anda bisa manamnya sendiri di rumah dan bisa memanennya, semoga bisa dan pasti bisa.

Baiklah, kita sudah tahu bahwa okra memiliki berbagai manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Semoga itu menjadi sebuah motivasi bagi kita untuk bisa segera menanamnya dihalaman atau pekarangan kita, dan kemudian bisa memanen buahnya untuk dikonsumsi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Agar bisa segera memulainya, anda tidak perlu khawatir dengan iklim di daerah anda di indonesia, karena tanaman okra bisa tumbuh dengan biak di daerah yang beriklim tropis. Dan gambar yang kami sisipkan pada artikel ini adalah gambar penanaman kami yang juga dilakukan di iklim tropis.

Tanpa berlama-lama lagi, anda bisa langsung menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam okra organik ini. Berikut adalah beberapa alat dan bahan sederhana yang bisa anda siapkan

– benih okra, anda bisa membelinya di store.urbanina.com

– barang bekas, yang bisa dikreasikan menjadi pot. Misal : dirjen bekas, botol bekas

– tanah biasa

– pupuk kandang

– cetok untuk mengaduk media tanam

– air secukupnya.

Setelah semua bahan siap, kita bisa memulai menanam okra organik dengan barang bekas tersebut. Adapun cara menanam okra organik dengan barang bekas ini dibagi menjadi beberapa langkah atau step dengan tujuan bisa memudahkan anda untuk membedakan langkah penanaman dan bisa memulai menanam dari yang paling mudah terlebih dahulu.

  • Pembuatan media tanam

Kita awali penanaman okra organik dengan persiapan atau pembuatan media tanam. Pot, tanah, dan pupuk kandang serta cetok adalah beberapa alat dan bahan yang akan digunakan. Pertama-tama campurkan tanah dan pupuk kandang menggunakan cetok, dengan cara diaduk hingga merata. Maka, jadilah media tanam tersebut. Kemudian, masukan media tanam yang sudah jadi kedalam dirjen bekas atau botol bekas yang dibentuk seperti pot dengan memotong salah satu sisi dirjen atau pot menggunakan cutter.

  • Penyemaian

Langkah penyemaian dimulai dengan membasahi media tanam yang sudah berada didalam pot buatan dari dirjen bekas dengan dosis secukupnya sampai lembab. Kemudian buatlah lubang tanam pada media tanam tersebut. Lalu, buka kemasan benih yang anda beli dari store.urbanina.com misalnya, atau dari toko offline terdekat anda, kemudian masukan ke lubang tanam tersebut. Kubur kembali lubang yang telah berisi benih okra, dan tunggu kira-kira 1 malam supaya benih tersebut bisa pecah benih. Keberhasilan penyemaian ditandai dengan munculnya tanaman okra kecil atau yang dikenal dengan istilah pecah benih tersebut, yang biasanya memakan waktu 1 malam atau lebih tergantung suhu di daerah anda.

  • Perawatan

Cara Menanam Okra Organik Dengan Barang Bekas

Anda tidak perlu khawatir dengan langkah nomor-3 yaitu langkah perawatan. Karena, merawat tanaman okra tidak jauh berbeda dengan merawat tanaman jenis lainnya. Tanaman okra organik ini cukup dirawat dengan pnyiraman yang teratur setiap harinya, dan juga jangan lupa untuk mengenakan sinar matahari pada tanaman tersebut, untuk mendukung proses pertumbuhan tanaman.

  • Panen

IMG_7681

Jika okra organik anda sudah berbuah dan buahnya besar-besar, anda bisa segera memanennya. Buah okra ini bisa sebesar jari wanita dewasa kalau sudah berbuah. Dan salah satu cara untuk menikmati buah ini adalah dengan mengolahnya menjadi jus okra, jus yang menyehatkan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *