Cara Menanam Mini Pakchoy Organik Di Rumah

Urbanina.com – Menanam mini pakchoy dapat menjadi salaah satu referensi anda yang sudah biasa dengan berbagai sayuran lokal. Jika kita berbicara mengenai sayuran, kebanyakan pasti akan menceritakan tentang kangkung, sayuran no.1 di indonesia, bayam, selada, daung singkong dan sayuran yang biasa kita makan. Mengapa jarang yang menceritakan tentang mini pakchoy? Karena sayuran yang satu ini tidak biasa ditemui di masyarakat kita, sehingga terdengar asing di telinga kita. Namun, sebenarnya menanam mini pakchoy benar-benar bisa menjadi salah satu referensi bagi kita untuk dijadikan pilihan ketika hendak berkebun sayuran di rumah sendiri, karena selain sayuran ini baru dan terlihat fresh, rupanya sayauran ini juga kaya manfaat untuk tubuh ketika dikonsumsi.

Menanam Mini Pakchoy Organik Di Rumah

Rupanya banyak kandungan gizi pada sayuran mini pakchoy yang akan berpengaruh positif bagi tubuh kita. Apa saja kah itu? Pertama, sayuran ini baik untuk menjaga kesehatan jantung kita, karena terdapat kandungan asam folate dan vitamin b6 yang baik untuk menghambat virus penyebab sakit jantung. Ada juga zat yang bernama vitamin c yang juga terkandung pada sayuran ini. Tentu saja vitamin c sangat baik bagi tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh. Dan masih banyak lagi manfaat sayuran mini pakchoy diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan mata, mencegah kanker, menjaga kekuatan tulang, menurunkan tekanan darah, dll. Namun kali ini kita akan membahas tentang cara menanam mini pakchoy organik di rumah. Sehingga, anda bisa mempraktekan dirumah dan tinggal petik saja ketika ingin mengkonsumsi sayuran ini.

Baiklah, ada beberapa langkah mudah yang bisa anda ikuti untuk bisa mulai menanam sayuran kaya manfaat ini. Berikut adalah cara menanam mini pakchoy organik di rumah.

  • Persiapkan alat dan bahan

Langkah yang pertama tentu saja adalah langkah persiapan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang diperlukan tidaklah terlalu rumit. Anda cukup menyediakan beberapa bahan seperti tanah, pupuk kandang, air secukupnya, dan benih mini pakchoy. Anda bisa menggunakan tanah biasa yang tidak subur pun bisa, dan air yang tidak terlalu banyak mudah ditemui. Untuk benih mini pachoynya, anda bisa dengan praktis memesan secara online di store.urbanina.com.

Sedangkan untuk peralatan yang perlu disiapkan diantaranya adalah starterkit untuk tempat menanam, dan cetok yang nanti digunakan untuk mencampur media tanam.

  • Mencampur media tanam

Kemudian, anda bisa memulai mencampur media tanam. Media tanam yang akan kita gunakan adalah campuran tanah dengan pupuk kandang. Gunakanlah cetok yang telah anda siapkan agar tangan anda tidak kotor dengan tanah dan pupuk nantinya. Setelah dirasa tercampur dengan baik, anda bisa menambahkan air pada campuran tersebut tetapi jangan sampai becek karena tidak baik untuk kedepannya. Kemudian pindahkan media tanam tersebut ke starterkit yang telah disiapkan agar siap untuk langkah berikutnya yaitu langkah penyemaian.

  • Penyemaian

Langkah-langkah untuk penyemaian meliputi membuat lubang tanam pada media tanam, lalu menanam benih yang telah didapat dari membeli secara online maupun offline, kemudian mengubur kembali lubang tanam dengan media tanam disekitar lubang tanam. Apabila kelembaban media tanam terjaga, maka benih biasanya akan pecah benih dalam waktu 1 malam saja.

  • Perawatan

Perawatan sayuran mini pakchoy sangatlah mudah, apalagi ini pakchoy organik yang tumbuh di media tanam yang memiliki banyak unsur hara yang baik. Untuk perawatan tanaman, anda cukup melakukan penyiraman setiap pagi dan sore, dan mencarikan sinar matahari bagi tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *