Cara Menanam Microgreen Bayam Merah

Urbanina.com – pecinta bertanam di indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Berbagai bentuk penanaman sayuran maupun tanaman lain bisa dilakukan di indonesia ini. Bahkan selain bisa menanam jenis sayuran lokal yang umumnya mudah ditemui kini pecinta bertanam bisa menanam berbagai tanaman import untuk melengkapi koleksi tanaman di kebun mereka. Ada banyak jenis sayuran yang kini bisa ditanam oleh pecinta tanaman seperti berbagai sayuran unik seperti pagoda, lettuce, hingga bayam merah. Semua jenis sayuran tersebut memiliki keunikannya tersendiri dan semuanya tetap bisa ditanam dengan cara yang disukai oleh hobiis berkebun. Bagi anda yang mau mengetahu cara menanam microgreen bayam merah di kebun anda, anda bisa ikuti langkah-langkah penanamannya sebagai berikut.

menanam microgreen bayam merah

Langkah cara menanam microgreen bayam merah ini dapat dipelajari dengan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk bagi anda yang masih pemula sekalipun. Kita tahu microgreen merupakan salah satu cara penanaman sayuran yang baru di indonesia dan masih belum banyak yang mempraktekannya. Namuh, kita tahu bahwa ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari bertanam microgreen ini. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan orang yang mengkonsumsi sayuran microgreen ini adalah bisa menikmati sayuran segar yang sekaligus dilengkapi dengan kandungan gizi yang lebih komplit dibandingkan jenis sayuran pada umumnya. Untuk melakukan cara menanam microgreen bayam merah ini, berikut adalah alat dan bahan yang anda perlukan.

  1. microtray
  2. benih bayam merah
  3. sekam bakar
  4. kain kasa
  5. air secukupnya

Anda dapat segera melakukan penanaman microgreen setelah semua alat dan bahan yang disebutkan diatas telah siap semua. Adapun penanaman microgreen ini tidak membutuhkan tanah apalagi lahan luas dan cukup anda lakukan di halaman rumah anda pun juga bisa. Nah, bagi anda yang mau menanam microgreen bayam merah ini, berikut langkah penanaman yang bisa anda ikuti.

  • Untuk langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menutup bagian microtray yang berlubang terlalu besar. Kita tahu pada bagian bawah microtray ada lubang yang ukurannya terlalu besar. Nah, lubang tersebut bisa kita tutup menggunakan kain kasa yang dilipat lalu diletakkan pada bagian bawah microtray tersebut.
  • Setelah itu, gunakan sekam bakar sebagai media tanam penanaman microgreen kali ini. Caranya, letakkan sekam bakar tersebut diatas microtray yang sudah diberi kain kasa tersebut. Jangan memberi sekam bakar terlalu penuh karena nanti akan kita beri sekam bakar lagi di langkah berikutnya.
  • Buka kemasan benih bayam merah, kemudian tebarkan secara merata pada sekam bakar yang telah siap. Nah, setelah itu tutup benih menggunakan sekam bakar secara merata dengan ketebalan yang tipis saja.
  • Setelah itu, siram persemaian tersebut dengan air secukupnya agar sekam bakar menjadi lembab. Juga isi microtray bagian bawah dengan air penuh agar kelembaban media tanam bisa tetap terjaga.
  • Nah, setelah selesai tutup semaian tersebut menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau warna gelap.
  • Setelah benih pecah benih, segera buka penutup semaian dan langsung kenakan semaian ke sinar matahari agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.
  • Rawat tanaman microgreen yang masih kecil tersebut dengan terus menjaga kelembaban media tanam yang berupa sekam bakar tersebut. Segera siram sekam bakar dengan air secukupnya apabila dirasa diperlukan dan jangan lupa untuk mengenakan tanaman ke sinar matahari setiap hari.
  • Microgreen bayam merah ini dapat dipanen setelah berumur 10-14 hari, dan siap untuk dikonsumsi.

Demikian tadi cara penanaman microgreen bayam merah yang dapat anda lakukan di rumah sendiri. Nah, bagi anda yang mau order paket microgreen untuk menanam, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *