Cara Menanam Microgreen Basil Lemon

Urbanina.com – memiliki tubuh jasmani yang sehat memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk didapatkan di masa-masa sekarang ini. Akhir-akhir ini telah banyak berbagai jenis penyakit yang bisa menyerang tubuh manusia bahkan telah banyak diumumkan berbagai penyakit baru yang berbahaya bagi tubuh. Dan berbagai jenis penyakit tersebut bukan lain adalah berasal dari gaya hidup mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Memang telah banyak makanan yang bisa didapatkan dengan mudah dan praktis, akan tetapi untuk mendapatkan makanan sehat yang baik bagi tubuh dirasa masih sulit untuk didapatkan mengingat sayuran-sayuran yang sebenarnya menyehatkan terkadang mengandung zat pestisida yang tidak baik bagi tubuh. Lalu muncullah nama microgreen yang menjadi salah satu sayuran sehat yang mudah didapatkan dan memiliki beragam jenis sayuran mulai dari basil lemon, bayam, kangkung dll. Cara menanam microgreen basil lemon dan sayuran lain tersebut pun mudah untuk dilakukan.

 

menanam microgreen basil lemon

Sayuran microgreen memang menjadi salah satu solusi bagi mereka yang ingin mempertahankan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran. Pasalnya sayuran microgreen ini selain mudah untuk ditanam juga memiliki banyak kandungan gizi yang dinilai banyak orang lebih banyak dari sayuran biasa pada umumnya. Selain memiliki kandungan gizi yang lebih banyak, sayuran microgreen ini juga ditanam dengan menggunakan bahan-bahan yang alami sehingga tidak sedikitpun mengandung bahan kimia yang membahayakan bagi tubuh konsumen. Nah, bagi anda yang mau menanam microgreen basil lemon di rumah sendiri, anda bisa memulainya sekarang juga meskipun anda masih pemula sekalipun. Berikut ini adalah alat dan bahan yang diperlukan untuk menanam microgreen basil lemon.

  1. benih basil lemon
  2. rockwool
  3. microtray
  4. kain kasa
  5. air secukupnya

Setelah semua alat dan bahan tersebut telah siap, maka penanaman pun juga siap untuk dilakukan. Adapun cara menanam microgreen basil lemon ini dapat dilakukan melalui langkah-langkah penanaman microgreen basil lemon dibawah ini.

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiapkan microtray terlebih dahulu. Pada bagian bawah microtray masih terlihat lubang-lubang yang cukup besar, oleh karena itu anda perlu menutup lubang tersebut menggunakan kasa yang telah disiapkan. Caranya cukup mudah yaitu dengan melipat kasa sesuai ukuran microtray, kemudian letakkan di bagian bawah microtray yang berlubang besar tersebut.
  • Langkah kedua adalah dengan menjadikan rockwool sebagai media tanam microgreen basil lemon kali ini. Caranya, potong rockwool sesuai dengan ukuran microtray, lalu buat lubang tanam pada rockwool tersebut dengan jarak antar lubang tanam yang dekat agar bisa muat untuk microgreen yang cukup banyak. Setelah itu celupkan rockwool pada air lalu tiriskan hingga rockwool dalam keadaan lembab, kemudian letakkan pada microtray.
  • Buka kemasan benih basil lemon, lalu letakkan benih tersebut pada lubang tanam pada rockwool yang telah disiapkan.
  • Setelah itu, tutup semaian menggunakan penutup semaian dan tunggu 1-2 hari hingga benih berhasil pecah benih.
  • Apabila benih telah pecah benih, maka langsung kenakan semaian ke sinar matahari selama 10-14 hari sebelum dipanen.
  • Selama masa perawatan sebelum dipanen, usahakan untuk menjaga kelembaban rockwool agar microgreen basil lemon dapat tumbuh dengan baik dan lancar.

Itulah langkah-langkah penanaman microgreen basil lemon yang bisa anda lakukan bahkan di rumah sendiri. Kalau microgreen basil lemon tersebut telah siap panen, anda bisa langsung memanennya dengan memotong ujung batang daun menggunakan gunting dan microgreen basil telah siap untuk dikonsumsi. Nah, bagi anda yang mau order paket microgreen untuk bertanam microgreen basil lemon di rumah, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *