Cara Menanam Melon Mini Dengan Sistem Guyurponik

Urbanina.com – saat ini orang tidak hanya menyukai melon untuk dikonsumsi saja. Melon merupakan salah satu buah yang banyak dihasilkan petani untuk dimanfaatkan buahnya. Buah melon tersebut banyak dikonsumsi langsung ada juga yang dijadikan berbagai kreasi menu yang menggoda selera seperti jus, es buah dan lain-lain. Selain ketagihan dengan rasa melon konsumsi, kini menanam melon menjadi salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Apalagi mereka yang hobi berkebun di rumah, rasanya berhasil mempraktekan cara menanam melon mini sudah menjadi salah satu tantangan tersendiri dalam menjalani hobi berkebunnya.

cara menanam melon mini

Berkebun tanaman buah melon memang menjadi tantangan tersendiri terlebih perawatan yang perlu dilakukan tentu berbeda apabila dibandingkan dengan berkebun sayuran daun yang relatif lebih mudah. Namun, keberhasilan hobiis berkebun dalam menanam melon bisa menjadi kebanggaan tersendiri karena tingkat kesulitan bertanam melon yang cukup menantang berhasil ditaklukan. Berbagai cara menanam melon mini pun sebenarnya banyak yang bisa dicoba untuk dipraktekan. Karena untuk berkebun di rumah, selalu ada cara penanaman yang bisa dipilih yang sesuai dengan lingkungan dan alat bahan yang mendukung. Cara menanam melon mini ini pun beragam, anda bisa menanamnya dengan cara organik, hidroponik, dan cara guyurponik. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai cara menanam melon mini dengan sistem guyurponik.

Sebelum memulai penanaman, anda bisa siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan sebagai berikut.

  1. benih melon mini
  2. nutrisi hidroponik sayuran buah
  3. rockwool
  4. sekam bakar
  5. cocopeat
  6. polybag
  7. gelas ukur
  8. air secukupnya

Nah, setelah semua alat dan bahan selesai disiapkan, maka penanaman pun siap dimulai. Berikut adalah langkah penanaman melon mini dengan sistem guyurponik ini.

  • Penyemaian benih

Untuk proses penyamaian ini farmer kami sarankan untuk menggunakan rockwool saja karena lebhi mudah dilakukan. Pertama basahi rockwool lalu tiriskan hingga rockwool dalam keadaan lembab. Buat lubang tanam pada rockwol lalu letakkan benih melon mini ke lubang tanam yang telah disiapkan. Tunggu benih hingga pecah benih dan ketika sudah pecah benih, segera kenakan benih ke sinar matahari. Setelah kisaran 14 hari benih akan tumbuh menjadi tanaman kecil dan tumbuh daun sejati.

  • Pindah tanam

Ciri-ciri tanaman yang siap dipindah tanam adalah tanaman yang telah tumbuh daun sejatinya. Nah, untuk proses pindah tanam ini pertama kita siapkan polybag kemudian kita isi dengan media tanam. Media tanam kali ini kita gunakan sekam bakar dan cocopeat yang kita campur dengan perbandingan 1:1. Campurkan cocopeat dengan sekam bakar di tempat terpidah baru kita masukkan ke dalam polybag.

Setelah itu, kita bisa menyiapkan larutan nutrisi untuk sistem guyurponik. Sistem guyur ponik ini merupakan gabungan dari sistem organik dengan sistem hidroponik, karena larutan nutrisi nantinya akan kita guyurkan saja ke media tanam. Larutan nutrisi yang kita siapkan ini bisa kita gunakan dengan kepekatan nutrisi antara 1400-1750 ppm. Lalu, buat lubang tanam pada media tanam secukkupnya kemudian kita pindahkan tanaman yang siap pindah tanam bersama rockwool, lalu tutuup kembali lubang tanam. Guyur tanaman menggunakan larutan nutrisi yang telah disiapkan sekupunya.

  • Perawatan dan panen

Perawatan yang pertama jelas dengan menyirami tanaman dengan larutan nutrisi yang telah disiapkan tersebut. Dan yang kedua adalah dengan merawat tanaman dari serangan hama. Kita bisa menggunakan pestisida organik yang aman untuk mengusir hama tersebut. Sedangkan ketika mau panen, kita juga tetap perlu waspada terhadap hama agar buah melon yang hendak kita panen tidak dirusak hama. Setelah buah melon matang, kita bisa memanennya dan aman dikonsumsi. Nah, bagi anda yang mau oder nutrisi hidroponik sayuran buah untuk bertanam melon ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *