Cara Menanam Kubis Merah Dengan Sistem Organik

Urbanina.com – sayuran merupakan salah satu menu utama yang harus dikonsumsi untuk menu sehari-hari. Sayuran memiliki banyak kandungan gizi yang berguna bagi tubuh. Adapun di indonesia ini terdapat banyak macam sayuran yang bisa diolah dan kemudian dikonsumsi. Diantara berbagai macam sayuran yang ada di indonesia, ada beberapa jenis sayuran yang terkenal yaitu diantaranya adalah kangkung, bayam, selada dan masih banyak lagi. Adapun beberapa sayuran kurang terkenal dan jarang dikonsumsi karena jarang ditemukan sebagai contoh adalah sayuran kubis merah. Sayuran kubis merah tersebut memang jarang ditemukan di indonesia namun bukan berarti tanaman tersebut tidak bermanfaat justru sayuran tersebut juga mengandung banyak mengandung gizi yang bagus untuk tubuh. Orang bisa menggunakan cara menanam kubis merah dengan sistem organik apabila ingin menanam sayuran kubis yang satu ini.

 

cara menanam kubis merah

Sebenarnya tentu saja ada cara lain selain cara menanam kubis merah dengan sistem organik tersebut. Namun, cara menanam kubis merah dengan sistem organik ini lebih direkomendasikan mengingat sayuran yang ditanam dengan sistem organik akan menghasilkan sayuran yang lebih sehat dibandingan sayuran pada umumnya. Kita tahu bertanam sayuran dengan sistem organik tersebut tidak dicampur dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Sehingga, wajar kalau harga sayuran organik tersebut biasanya lebih tinggi dibandingkan sayuran pada umumnya. Nah, bagi anda yang mau tahu cara menanam kubis merah dengan sistem organik, berikut ini adalah alat dan bahan yang diperlukan.

  1. benih sayuran kubis merah
  2. rockwool
  3. sekam bakar
  4. cocopeat
  5. pupuk kohe
  6. polibag
  7. air secukupnya

Setelah alat dan bahan tersebut selesai di persiapkan, langkah selanjutnya adalah dengan memulai penanaman. Beriku ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menanam kubis merah dengan sistem organik.

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu polibag yang sudah siap dengan ukuran minimal berdiameter 60 cm.
  • Lalu, campurkan ketiga bahan yaitu sekam bakar, cocopeat, dan pupuk kohe dengan perbandingan 1:1:1. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya lakukan pencampuran hingga benar-benar merata. Setelah selesai, nantinya campuran tersebut akan digunakan sebagai media tanam organik yang digunakan untuk menanam kubis merah organik.
  • Masukkan media tanam tersebut ke polibag.
  • Setelah itu, terlebih dahulu buka kemasan benih sayuran kubis merah, lalu persiapkan untuk disemai.
  • Basahi rockwool hingga dalam keadaan lembab, lalu buat lubang tanam.
  • Masukkan 1-2 benih sayuran kubis merah ke lubang tanam pada rockwool tersebut.
  • Tunggu semaian hingga pecah benih dan tanaman siap dipindah tanam.
  • Setelah tanaman siap di pindah tanam, buat lubang tanam pada media tanam yang sudah berada didalam polibag.
  • Langsung pindahkan tanaman ke lubang tanam tersebut bersamaan dengan rockwool yang tadi digunakan untuk menyemai.
  • Setelah itu, siram tanaman menggunakan air secukupnya saja sekedar agar tanaman tidak kekurangan air di tempat barunya tersebut.

Demikian lah cara yang dapat dilakukan untuk bertanam kubis merah menggunakan sistem organik. Dengan sistem organik tersebut maka tanaman kubis merah akan memiliki kualitas sayuran yang lebih baik dan sehat untuk dikonsumsi keluarga. Adapun agar tanaman kubis tersebut bisa tumbuh dengan optimal, jangan lupa untuk merawat tanaman dengan cara mengenakan tanaman ke sinar matahari langsung agar tanaman bisa melakukan fotosintesis dengan baik. Nah, bagi anda yang mau order paket organik untuk bertanam kubis merah tersebut, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *