Cara Menanam Kelengkeng Didalam Pot

Cara Menanam Kelengkeng Didalam Pot

Urbanina.com – Kemajuan yang terjadi pada dunia pertanian sangat menginspirasi sebagian orang untuk mulai mencari tahu banyak hal dan ingin segera mempraktekannya sendiri. Salah satunya adalah dengan banyaknya orang yang ingin bisa amenanam kelengkeng didalam pot. Karena, dengan menanam kelengkeng didalam pot, maka peluang bagi tanaman untuk bisa berbuah menjadi besar. Hal ini sudah dibuktikan secara ilmiah dan sangat menguntungkan bagi petani kelengkeng yang mulai menerapkannya di kebun mereka. Tak hanya bagi para petani, para hobiis berkebun pun bisa mempraktekannya di rumah mereka sendiri.

menanam kelengkeng didalam pot

Bagi anda yang ingin berkebun sendiri dirumah dengan menanam kelengkeng didalam pot, maka anda bisa meneruskan membaca artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami urbanina akan membagikan tentang cara menanam kelengkeng didalam pot. Kami yakin semua orang bisa mempraktekan cara yang akan kami bagikan ini, sehingga harapannya semoga anda bisa lebih mudah dalam mencoba menanam tanaman yang akan anda tanam yaitu tanaman kelengkeng. Baiklah, tanpa basa-basi mari kita mulai langkah-langkah dalam cara menanam kelengkeng didalam pot ini. Sebelumnya, ada beberapa alat dan bahan yang perlu anda siapkan, yaitu:

– bibit kelengkeng, anda bisa membelinya secara online di klik store.urbanina.com

– pot

– pupuk kandang

– tanah

– cetok untuk mengaduk media tanam

– air secukupnya

Setelah semuanya siap, maka penanaman pun juga siap untuk dilakukan. Tentu anda sudah tidak sabar lagi untuk bisa segera memulai penanaman ini. Untuk itu, mari kita lihat langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa menanam tanaman kelengkeng yang satu ini.

  • Penyiapan media tanam

Langkah yang pertama dapat dilakukan dengan mudah dan biasa dilakukan oleh para pekebun maupun para petani. Oleh karena itu, saya yakin langkah ini dapat anda lewati dengan mudah. Adapun media tanam yang akan kita pakai adalah campuran dari tanah biasa yang tidak subur juga tidak apa-apa, yang kemudian kita campur dengan pupuk kandang menggunakan cetok yang telah dipersiapkan. Cukuplah anda aduk kedua bahan tersebut beberapa kali sehingga media tanam bisa merata.

Setelah itu, masukan media tanam yang sudah jadi diatas kedalam pot yang telah disiapkan.

  • Penanaman bibit

Selanjutnya, anda bisa mulai membuat lubang tanam pada media tanam yang telah anda masukan ke pot tadi. Buah dengan ukuran yang disesuaikan dengan bibit kelengkeng yang anda miliki.

Sekarang, anda bisa menanam bibit kelengkeng yang anda miliki. Dengan cara menancapkan bibit kelengkeng tersebut pada lubang tanam yang telah disiapkan, kemudian tutup kembali lubang tanam setelah bibit berada pada posisi yang benar. Dan proses penanaman pun telah selesai, anda bisa melanjutkan ke tahap perawatan dibawah ini.

  • Perawatan

Tindakan yang paling utama dalam perawatan adalah tindakan penyiramaan tanaman. Lakukan penyiraman tanaman tersebut pada waku pagi dan sore hari tergantung cuaca di kota anda. Apabila sudah terkena air hujan, maka media tanam pada pot sudah cukup lembab sehingga tidak perlu lagi anda siram.

Tindakan yang kedua adalah dengan mencarikan sinar matahari untuk tanaman. Artinya, anda menempatkan pot kelengkeng anda pada tempat yang mendapatkan sinar matahari minimal di pagi sampai siang hari. Hal ini baik untuk tanaman sehingga perlu kita perhatikan baik-baik.

Dan tindakan yang terakhir adalah pemupukan. Anda bisa menyesuaikan jangka waktu pemupukan tanaman kelengkeng anda yang disesuaikan dengan aturan pada saat membeli bibit. Ketika anda membeli bibit tersebut, di store.urbanina.com anda sudah dilengkapi dengan aturan jangka waktu pemberian pupuk pada tanaman kelengkeng tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *