Cara Menanam Daun Pandan Dengan Sistem Organik

Urbanina.com – tanaman daun pandan dapat dikatakan sebagai salah satu tanaman yang langka dan tidak mudah ditemukan di kebun masyarakat. Kita tahu bahwa khasiat dari daun pandan tersebut sebenarnya banyak disukai oleh masyarakat terutama para ibu rumah tangga. Adapun daun pandan tersebut kerap kali digunakan sebagai salah satu pengharum masakan dapur. Dan untuk mendapatkan daun pandan ini masyarakat harus pergi ke pasar. Memang masakan yang dimasak menggunakan daun pandan tersebut bisa memiliki aroma yang wangi sehingga membuat masakan menjadi lebih menarik. Adapun masakan yang sering dimasak menggunakan daun pandan tersebut diantaranya adalah santan. Adapun untuk bisa mendapatkan daun pandan dengan mudah, anda bisa mendapatkannya dengan cara menanam daun pandan di pekarangan rumah sendiri.

cara menanam daun pandan

Untuk bertanam di rumah, kebanyakan hal tersebut lebih dilakukan oleh mereka yang memang benar-benar hobi untuk berkebun. Sehingga, kebanyakan yang tidak suka berkebun akan tidak terbiasa menanam apalagi cara menanam daun pandan ini. Namun, sebenarnya cara menanam daun pandan tersebut bisa dilakukan bahkan bagi anda yang masih pemula tersebut. Hal ini dikarenakan cara menanam daun pandan ini bis dilakukan dengan banyak cara yang menurut anda paling mudah. Adapun salah satu cara penanaman yang bisa diterapkan untuk bertanam di rumah adalah dengan cara atau sistem organik. Selain mudah dalam menanam, daun pandan yang ditanam dengan sistem organik tersebut lebih menyehatkan untuk digunakan.

Kita tahu bahwa kebanyakan tanaman yang ditanam dengan sistem organik akan memiliki kualitas tanaman dan hasil panen yang lebih bergizi dari pada yang ditanam dengan sistem konvensional atau sistem lain pada umumnya. Hal ini dikarenakan pada penanaman sistem organik tersebut tanaman sama sekali tidak terkontaminasi oleh zat-zat kimia yang berbahaya untuk tanaman. Tanaman organik hanya diberikan pupuk organik yang asli dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Tanaman organik juga terbebas dari berbagai pestisida yang terkandung bahan kimia didalamnya. Oleh karena itu, daun pandan yang ditanam dengan sistem organik ini akan memiliki kualitas daun pandan yang lebih unggul. Berikut ini adalah langkah demi langkah untuk penanaman daun pandan dengan cara sistem organik.

  • Pertama-tama siapkan polibag dengan ukuran diameter minimal 20 cm.
  • Setelah itu, buat media tanam dengan cara mencampurkan tiga bahan yaitu sekam bakar, tanah, dan pupuk kohe dengan perbandingan 1:1:1.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut dengan baik di tempat terpisah hingga benar-benar tercampur.
  • Setelah media tanam jadi, langsung masukan media tanam tersebut ke polibag yang telah disiapkan diatas.
  • Lalu, buat lubang tanam pada media tanam yang telah berada didalam polibag tersebut.
  • Siapkan tunas daun pandan yang akan ditanam, lalu tanamkan pada lubang tanam tersebut.
  • Setelah selesai, langsung siram tanaman pandan tersebut menggunakan air secukupnya. Hal ini diperlukan agar tanaman tidak kekurangan kebutuhan air.
  • Kenakan tanaman tersebut ke sinar matahari agar dapat tumbuh dengan baik.

Itulah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk menanam daun pandan ini di rumah. Adapun cara yang dilakukan tersebut tentu saja menggunakan cara organik yang diharapkan bisa menghasilkan daun pandan yang sehat untuk digunakan. Selain bisa menghasilkan daun pandan yang berkualitas, bertanam dengan sistem organik ini juga bisa memelihara kualitas tanah di kebun anda. Nah, bagi anda yang mau order sekam bakar untuk bertanam daun pandan ini anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *