Cara Menanam Bunga Telang Organik Dari Benih

Urbanina.com – terdapat banyak jenis tanaman bunga yang cocok dengan iklik yang ada di indonesia. Salah satu jenis tanaman bunga yang cocok untuk ditanam di indonesia adalah jenis tanaman bunga telang. Bunga telang ini bisa ditemui di hutan-hutan dan memiliki sifat tanaman yang merambat. Memang bunga telah tidak sepopuler bunga lainnya seperti buah mawar, melati, anggrek maupun bunga populer lainnya. Akan tetapi bunga yang satu ini bukannya tanpa kelebihan. Meskipun memiliki sifat tanaman yang merambat, tanaman yang satu ini juga cocok ditanam di indonesia dan telah banyak dimanfaatkan sebagai bunga hias. Cara menanam bunga telang ini pun sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah karena bisa dilakukan dimulai dari benih.

cara menanam bunga telang

Bagi mereka yang hobi bertanam, cara menanam bunga telang dari benih tentu saja bukanlah hal sulit karena sudah terbiasa dengan sistem dan cara bercocok tanam. Apalagi tanaman bunga telang ini dapat tumbuh dengan mudah dengan cara penanam organik. Sehingga, cara perawatan tanaman bunga telang yang dijadikan tanaman hias tentu saja lebih mudah untuk dilakukan. Cara menanam bunga telang dengan cara organik ini dapat dilakukan di halaman rumah atau bisa diaplikasikan di pagar rumah karena sifat tanaman bunga telang merambat. Sehingga pagar bisa menjadi dua kali lipat lebih indah dengan hiasan tanaman bunga telang tersebut.

Adapun cara tanam organik ini sangat cocok dilakukan di pekarangan rumah karena tidak membutuhkan lahan yang luas apabila hanya dilakukan untuk skala kecil saja. Apalagi peralatan tanam yang digunakan untuk bertanam organik ini pun sebenarnya hampir sama dengan penanaman biasa sehingga siapa saja bisa mempraktekannya di rumah. Untuk menanam tanaman bunga telang ini dapat dilakukan mulai dari benih sehingga perlu dilakukan tahap penyemaian benih terlebih dahulu sebelum menumbuhkan tanaman bunga nantinya. Nah, bagi anda yang mau menanam dengan cara menanam bunga telang organi dari benih ini, anda bisa ikuti langkah-langkah penanaman bunga telang organik dari benih berikut ini.

  • Siapkan polybag berukuran minimal 20 cm yang nanti digunakan sebagai wadah media tanam.
  • Lalu, buat media tanam menggunakan campuran tanah, sekam bakar dan pupuk kohe kambing dengan perbandingan 1:1:1. Campurkan ketiga bahan tersebut hingga menjadi media tanam yang siap.
  • Masukkan media tanam yang telah siap tersebut ke polybag yang telah disiapkan tadi.
  • Buat lubang tanam pada media tanam tersebut.
  • Buka kemasan benih bunga telang, lalu masukkan benih bunga telang tersebut ke lubang tanam.
  • Tutup kembali lubang tanam dengan media tanam disekitarnya.
  • Lalu, siramkan air secukupnya benih yang tersebut agar bisa segera pecah benih.
  • Setelah benih pecah benih, anda bisa tancapkan semacam bambu yang telah dibelah disamping tanaman agar dijadikan tempat untuk tanaman merambat nantinya.
  • Jaga kelembaban media tanam dengan cara menyiram air secukupnya agar tanaman bunga telang dapat tumbuh dengan lancar.

Itulah tahapan yang bisa dilakukan untuk menanam tanaman telang organik dari benih. Cara penanaman ini dapat dilakukan dengan simpel dan tidak terlalu ribet sehingga bisa dilakukan bahkan di rumah sendiri. Bagi anda menanam tanaman bunga telang ini di rumah, anda bisa menikmati hasilnya berupa halaman rumah yang lebih cantik. Adapun tanaman bunga telang ini juga memiliki beragam manfaat untuk beberapa pengobatan salah satunya untuk obat mata. Nah, bagi anda yang mau order benih bunga untuk bertanam di rumah, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *