Cara Menanam Buah Naga Di Polybag

Urbanina.com – Cara menanam buah naga di polybag memang sepertinya sulit, tetapi akan lebih baik jika seseorang menghakimi mudah atau sulitnya suatu pekerjaan setalah ia melakukannya. Toh anda juga mungkin belum pernah mencoba menanam buah naga di polybag ini. Mungkin masih sedikit orang di indonesia ini yang pernah mencoba menanam buah naga di polybag, tetapi orang yang menikmati kelezatan buah naga ini? Pasti kebanyakan sudah pernah dan merasa ketagihan ingin mencoba lagi dan lagi. Oleh karena itu, bukankah lebih berkesan jika anda menikmati lezatnya buah naga ini dari memetik langsung di kebun?

masih kecil (2)

Jika anda ingin mengetahui cara menanam buah naga di polybag ini, anda akan semakin paham jika mempraktekan langsung di kebun milik anda atau numpang di kebun tetangga. Perkara tutorial yang bisa dicoba, kali ini urbanina akan membagikan cara menanam buah naga di polybag dari sudut pandang yang mudah dan dengan tingkat keberhasilan yang lebih besar. Sehingga, harapannya anda bisa menikmati hasil kerja penanaman yang mudah ini dengan tumbuhnya tanaman buah naga yang anda tanam tersebut. Langsung saja, hal yang pertama yang perlu disiapkan adalah menyiapkan alat dan bahan penanaman buah naga. Apa saja alat dan bahan yang diperlukan?

 

-polybag

-media tanam, terdiri dari tanah dan pupuk kandang

-air secukupnya

-cetok untuk mencampur media tanam

-batang buah naga minimal berdiameter 8 cm

Selesai menyiapkan, anda bisa langsung memulai penanaman. Namun, untuk lebih memperjelas lagi mengenai batang buah naga yang perlu dipersiapkan, ada beberapa hal yang bisa anda jadikan patokan penyiapan batang tersebut. Yang pertama, diameter batang yang disarankan adalah minimal 8 cm. Jika ada yang lebih tebal boleh saja, mengapa tidak? Untuk panjang batang bisa dengan ukuran standar dari 20-30 cm. Sedangkan untuk tekstur batang yang baik yaitu batang yang memiliki tekstur keras, berwarna hijau dan sehat. Dengan patokan-patokan ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi anda dalam memilih batang mana yang cocok untuk dijadikan bahan percobaan penanaman kali ini.

Kita lanjut ke tahap penanaman. Yang terpenting dalam tahap penanaman adalah bagaimana anda menyemai batang yang sudah anda siapkan tadi. Untuk urusan siram menyiram dan pupuk memupuk tanaman ini kurang lebih sama dengan tanaman biasa pada umumnya. Anda bisa mulai menyiram sehari dua kali dan memupuk sebulan sekali. Tetapi, untuk langkah penyemaiannya bagaimana? Itulah yang akan kita fokuskan pada pembahasan kali ini.

  • Untuk melakukan penyemaian, langkah yang pertama adalah dengan menyiapkan batang yang akan ditanam. Tadi anda sudah menyiapkannya ketika menyiapkan alat bahan di awal.

organic090315 4.jpg

  • Untuk yang kedua, meyiapkan media tanam kemudian memasukkannya di polybag. Anda bisa mencampurkan tanah dengan pupuk kandang terlebih dahulu, baru kemudian memasukkannya ke polybag ketika benar-benar telah tercampur dengan baik. Juga jangan lupa untuk menyiram air secukupnya setelah media tanam berada pada polybag.

dimasukkkan di polibag

  • Buatlah lubang tanam yang cukup untuk menancapkan batang tanaman buah naga yang telah disiapkan tadi. Untuk kedalaman lubang anda bisa menggunakan ukuran 5 cm saja sudah cukup.
  • Tancapkan batang tanaman buah naga yang telah disiapkan kedalam lubang tanam dengan hati-hati lalu kubur kembali lubang tanam dengan media tanam disekitarnya.

sudah tertancapnya2

  • Berikan perawatan khusus setelah tahap ke-4 diatas. Yaitu dengan memberi naungan pada batang yang tertanam, dan tunggu sekitar 3 minggu, maka anda akan melihat hasilnya dengan tumbuhnya tunas pertama. Tentu saja anda tidak boleh lupa untuk menyiramnya 2-3 kali sehari untuk mendukung proses diatas. Setelah tumbuh tunas pertama, anda sudah bisa lega dan perawatan seperti tanaman lain pada umumnya dapat anda lakukan pada tanaman buah naga tersebut.

masih kecil juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *