Cara Menanam Bibit Mangga Kio Jay

Urbanina.com – mangga adalah salah satu jenis buah yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia. Apalagi buah yang satu ini mudah untuk ditemui baik di pasar maupun di swalayan. Sehingga, pada saat musim mangga tiba, maka tidak heran kalau pasar maupun swalayan tersebut dipenuhi dengan buah manis yang satu ini. Karena tanaman buah ini dapat tumbuh di indonesia, maka sangat bisa bagi anda yang mau menanam tanaman buah mangga ini di pekarangan rumah anda. Adapun cara menanam bibit mangga ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Terutama di pedesaan telah banyak masyarakat yang menanam tanaman buah mangga di pekarangan rumah mereka dan mendapatkan hasil panen yang memuaskan saat musim panen.

cara menanam bibit mangga

Ada banyak jenis mangga yang bisa ditanam di rumah, salah satu jenis buah mangga yang unggul yang direkomendasikan untuk ditanam di pekarangan rumah adalah jenis mangga kio jay. Mangga yang satu ini memiliki kualitas buah yang unggul dari pada buah yang lain. Salah satu keunggulan yang menonjol dari buah ini dapat dilihat dari ukuran buahnya yang tampak lebih besar dari jenis mangga pada umumnya. Tidak hanya berukuran lebih besar, daging buah mangga kio jay ini juga memiliki rasa manis yang tidak kalah dari jenis mangga lain pada umumnya. Yang menarik dari buah mangga kio jay ini adalah buah ini mengeluarkan aroma harum yang menggoda ketika sudah berbuah.

Kalau anda mau bertanam mangga kio jay ini, anda bisa menanam tanaman tersebut mulai dari bibitnya. Cara menanam bibit mangga kio jay ini pun tidak sulit untuk dilakukan dan bisa dilakukan bahkan oleh pemula sekalipun. Satu hal yang perlu diperhatikan dari cara menanam bibit mangga kio jay ini adalah dari pemilihan lokasi tanam yang harus dipersiapkan dari awal. Kita tahu bahwa tanaman mangga atau pohon mangga termasuk salah satu tanaman yang membutuhkan sinar matahari yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memilih lokasi tanam yang sesuai dengan yang dibutuhkan tanaman agar didapatkan pohon mangga yang subur dan dapat berbuah lebat. Adapun cara menanam bibit mangga kio jay adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama adalah dengan membuat lubang tanam di lokasi yang telah disiapkan. Anda bisa membuat lubang tanam dengan ukuran 50×50 cm. Adapun untuk kedalaman lubang tanam anda juga bisa menggunakan kedalaman sedalam 50 cm.
  • Setelah lubang tanam selesai dibuat, siapkan bibit mangga kio jay yang akan anda tanam. Lepaskan plastik polybag yang membungkus bibit kemudian letakkan bibit tersebut di lubang tanam yang telah siap tersebut.
  • Jangan lupa untuk memberi pupuk yang cukup pada lubang tanam. Adapun untuk pupuk yang digunakan anda bisa menggunakan pupuk kohe kotoran sapi untuk diberikan pada tanaman.
  • Tutup kembali lubang tanam menggunakan tanah disekitar lubang tanam.
  • Untuk pertama kali setelah bibit mangga berhasil ditanam, langsung berikan asupan air dengan cara menyiram bibit mangga menggunakan air secukupnya agar kebutuhan air pada bibit dapat terpenuhi.

Itulah langkah-langkah yang bisa anda lakukan dalam menanam bibit mangga kio jay di pekarangan rumah anda. Setelah berhasil ditanam, langkah yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah langkah perawatan tanaman. Nah, untuk langkah merawat tanaman mangga yang tidak boleh anda lewatkan adalah langkah untuk menyiram bibit mangga anda setiap hari setiap pagi dan sore. Nah, bagi anda yang mau order bibit mangga kio jay untuk ditanam di rumah, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *