Cara Menanam Bibit Jeruk di Tabulampot

Cara Menanam Bibit Jeruk di Tabulampot

Urbanina.com – Ketika seseorang menanam tanaman di rumahnya, ia memiliki keinginan agar suatu saat dia bisa memetik hasilnya. Untuk itu, kali ini kami akan membahas tentang cara menanam bibit jeruk di tabulampot. Tutorial yang kami bagikan ini inshaallah akan berguna bagi anda dan anda bisa memetik hasilnya ketika sudah menanamnya nanti. Karena, menanam tanaman buah didalam pot bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Justru sebaliknya, sistem penanaman dengan tabulampot ini dapat meningkatkan kecepatan pertumbuhan tanaman. Sehingga, dengan menanam tanaman buah termasuk jeruk di tabulampot, maka peluang untuk bisa memanennya pun juga besar.

IMG_7678

Untuk memulai menanam bibit jeruk di tabulampot, ada beberapa alat dan bahan yang perlu anda siapkan. Apa saja kah itu?

– pot

– tanah

– pupuk kandang

– cetok untuk mengaduk media tanam

– air secukupnya

– bibit tanaman jeruk, anda bisa membelinya secara online di store.urbanina.com

Itulah beberapa alat dan bahan dasar yang bisa anda siapkan untuk menanam bibit jeruk di tabulampot. Setelah semua peralatan diatas siap, maka anda bisa langsung menyiapkan tempat untuk memulai penanaman bibit jeruk tersebut. untuk memudahkan langkah penanaman, berikut beberapa langkah penanaman pada tutorial cara menanam bibit jeruk di tabulampot kali ini.

  • Penyiapan/pembuatan media tanam

Soil-1160x665

Baiklah, langkah pertama yang dilakukan untuk menanam bibit jeruk di tabulampot adalah dengan membuat atau menyiapkan tabulampot. Dan pada kesempatan kali ini, media tanam yang digunakan adalah terbuat dari bahan yang mudah kita jumpai, yaitu tanah dan pupuk kandang.

Untuk membuat media tanam, anda bisa langsung mencampurkan kedua bahan tersebut, tanah dan pupuk kandang menggunkan cetok yang telah disiapkan. Usahakan untuk mencampurnya hingga merata. Lalu, masukkan campuran tersebut kedalam pot apabila sudah merata. Dengan begitu, maka kita telah memasukan media tanam kedalam pot dan langkah penanaman selanjutnya bisa dimulai.

  • Menancapkan bibit jeruk

Langkah yang kedua adalah dengan menancapkan bibit jeruk yang telah kita siapkan ke media tanam yang sudah berada didalam pot. namun, kita harus hati-hati ketika menancapkan bibit jeruk pada media tanam tersebut. ada baiknya jika terlebih dahulu anda melubangi media tanam dengan luas yang disesuaikan dengan kondisi akar bibit tanaman jeruk kita. Setelah lubang tanam siap, baru kita tancapkan bibit tanaman jeruk pada lubang tanam, kemudian ktia kubur kembali lubang tanam menggunakan media tanam yang ada disekitar lubang.

Lakukan penyiraman langsung setelah bibit jeruk tertancapkan didalam pot, maka jadilah tabulampot buah jeruk yang siap anda pajang didepan rumah anda. Adapun langkah selanjutnya adalah bagian dari perawatan tanaman dan persiapan masa panen yang pada umumnya sama dengan tanaman buah lainnya pada umumnya.

  • Perawatan

Untuk langkah perawatan, anda bisa melakukan perawatan dengan tiga hal pokok yaitu menyiram, memupuk, dan menempatkan pada tempat yang terdapat cukup sinar matahari. Lakukan penyiraman secukupnya kira-kira 2 kali dalam sehari, atau tidak perlu disiram apabila tanaman ditanam ketika musim penghujan yang banyak hujannya. Untuk pemupukan, lakukan pemupukan kira-kira 1 bulan sekali, atau disesuaikan dengan anjuran dari dimana anda membeli bibit tersebut. karena, kadang-kadang terdapat instruksi khusus dari penjual mengenai waktu berkala memberi pupuk pada bibit yang anda beli.

  • Panen

menanam bibit jeruk di tabulampot

Anda akan merasakan hasilnya ketika sudah panen. Tetapi, yang menjadi kabar baik adalah bahwa anda juga bisa menikmati hasilnya bahkan sebelum panene, yaitu untuk dijadikan tanaman hias didepan rumah. tabulampot jeruk tetap bisa panen meskipun tinggi tanaman terkadang tidaklah terlalu tinggi, dan itulah salah satu kelebihan jika anda menanam bibit jeruk di tabulampot.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *