Cara Menanam Bibit Durian Pelangi Di Tabulampot

Urbanina.com - durian merupakan salah satu buah yang banyak disukai masyarakat di indonesia. Buah yang satu ini memiliki rasa yang khas di lidah ditambah dengan aromanya yang menggoda. Kalau anda termasuk salah satu orang yang suka dengan buah durian ini, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk menanam tanaman buah durian ini di pekarangan sendiri. Dengan harapan suatu saat nanti bisa memetik buah durian dari pekarangan sendiri tanpa harus membeli di pasar. Jenis buah durian yang bisa ditanam di pekarangan sendiri pun beragam seperti durian bawor, monthong, pelangi, dan lain-lain. Kalau anda mau mencoba cara menanam bibit durian pelangi, anda bisa mencobanya dengan mangguankan pot sehingga bisa dipindah-pindah kalau lokasinya tidak sesuai. cara menanam bibit durian pelangi Menanam pohon durian pelangi di pekarangan sendiri memang menjadi tantangan tersendiri terutama bagi mereka yang hobi dengan buah lezat yang satu ini. Cara menanam bibit durian pelangi pun bisa menjadi beragam kalau anda memiliki lahan yang cukup luas. Namun, bagi anda yang tidak memiliki lahan yang cukup luas, anda bisa mencoba untuk menggunakan cara menanam bibit durian pelangi di tabulampot. Tabulampot adalah singkatan dari tanaman buah didalam pot. Bertanam tanaman buah seperti durian didalam pot dinilai lebih menyenangkan karena lebih mudah dirawat saat pohon besar. Sebelum memulai bertanam, pertama-tama siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan untuk penanaman bibit durian pelangi ini. Adapun alat dan bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut.
  1. bibit durian pelangi
  2. air secukupnya
  3. pot (diameter minimal 60cm)
  4. tanah humus
  5. pupuk kohe
Setelah semua alat dan bahan terkumpul, maka penanaman bisa dimulai. Berikut langkah-langkah untuk cara menanam bibit durian pelangi di tabulampot.
  • Hal pertama yang perlu disiapkan adalah media tanam. Kali ini, kita akan menggunakan media tanam dari tanah humus dan pupuk kohe yang dicampur dengan takaran 1:1. Campurkan kedua bahan tersebut dan media tanam siap untuk digunakan.
  • Setelah itu, siapkan pot yang akan digunakan. Masukkan media tanam yang telah siap tersebut kedalam pot, tetapi tidak perlu terlalu penuh agar media tanam bisa tetap terjaga saat nanti disiram.
  • Buat lubang tanam pada media tanam yang telah berada didalam pot dengan ukuran yang cukup untuk bibit yang telah disiapkan.
  • Lepaskan plastik keresek atau polybag yang membungkus bibit durian pelangi, lalu masukkan bibit ke lubang tanam yang tadi telah disiapkan. Tutup kembali lubang tanam dengan media tanam disekitarnya.
  • Langkah selanjutnya adalah penyiraman pertama kali. Untuk penyiraman pertama kali ini, cukup siram dengan air secukupnya sekedar agar kebutuhan air pada tanaman bisa terpenuhi.
Itulah langkah dmei langkah yang bisa dilakukan untuk menanam bibit durian pelangi dengan tabulampot. Agar memiliki tanaman atau pohon durian yang tumbuh dengan baik, maka langkah perawatan tanaman yang baik perlu dilakukan. Adapun cara perawatan yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan rutin memberikan penyiraman terhadap tanaman setiap pagi dan sore. Pemangkasan pada ranting atau daun yang sudah tua atau tidak sesuai juga bisa dilakukan agar tumbuh tanaman bisa seperti yang diharapkan oleh penanam. Sedangkan untuk lokasi penanaman, kalau sekiranya lokasi tanam bibit durian tersebut kekurangan sinar matahari, anda bisa dengan mudah memindahkan tanaman durian pelangi tersebut dengan cara mengangkat tanaman bersama dengan potnya dan dipindahkan ke lokasi yang lebih strategis. Nah, bagi anda yang mau order bibit durian pelangi ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *