Cara Menanam Beras Merah Organik

Urbanina.com – Beras merah ialah salah satu diantara beragam produk bahan pangan yang dapat tumbuh subur di Indonesia dan memiliki kandungan nutrisi yang banyak sehingga secara pangsa pasar, maka beras merah organik ini memiliki prospek yang baik. Tidak sedikit penelitian yang menyatakan jika beras merah memang banyak mengandung nutrisi diantaranya saponin, isoflavon, beta sterol, asam lemak tak jenuh dan protein. Maka dari itu, beras merah yang ditanam secara organik merupakan salah satu bahan pangan yang dapat dipergunakan untuk memperbaiki gizi orang-orang dan untuk mencegah beragam macam penyakit. Namun bagaimana cara menanam beras merah organik ini?

Cara menanam beras merah organik terbilang mudah. Siapa pun pasti bisa melakukannya asalkan punya kemauan dan ulet. Berikut ini akan kami paparkan cara menanam beras merah organik secara simpel.

Cara Menanam Beras Merah Organik [ ]

Menyiapkan Lahan

Lahan dibersihkan dari tanaman pengganggu. Setelah itu digemburkan dengan menggunakan bajak manual atau mesin traktor lalu diberi kapur dolomite atau pupuk bokashi.

Pembenihan

Pembenihan dapat dilakukan dengan cara menyemai, pemilihan bibit padi merah unggul demikian penting, namun Anda dapat menyeleksi kembali sebelum menyemai benih saat merendam bibit. Jika waktu perendaman ada benih padi yang mengambang, maka segera ambil dan buang sampai bibit yang disemai benar-benar bibit yang berkualitas.

Penanaman

Penanaman dilakukan di awal musim penghujan. Anda dapat mulai menanam saat bibit berumur mencapai 21 hari. Penanaman dapat dilakukan dengan sistem jajar legowo untuk meningkatkan hasil panen dengan pola jarak 25 cm-25 cm-25 cm-25 cm-40 cm ke arah Utara Selatan. Pada arah matahari terbit (timur barat) minimal 20 cm sesuai kebutuhan Anda.

Pemeliharaan

Pemeliharaan dalam budidaya beras merah dengan cara organik bisa dikerjakan dengan langkah yang biasanya anda kerjakan untuk tanaman lain.  yakni pemberian pupuk pola organik, penyulaman, penyiangan, manajemen irigasi teratur sesuai sama keperluan tanaman, pengendalian hama serta penyakit dengan cara organik dan pemanenan.

Penyulaman dapat dilakukan waktu tanaman berusia 1-3 minggu. Sementara itu untuk penyiangan dapat dilakukan dengan mencabuti dan menghilangkan rumput yang tumbuh di sekitar lahan. Penyiangan ini dapat dilakukan ketika umur tanaman mencapai 3-4 minggu.

Pengendalian hama beserta penyakit memang umumnya dilakukan dengan bantuan pestisida, namun kita harus menggunakan pestisida organik tiap-tiap 15 hari sekali. Sementara itu penyemprotan pupuk organik cair dapat dilakukan setiap lima hari sekali. Penerapan pemupukan dengan pupuk cair dan pengendalian hamanya menggunakan pestisida organik selang 5 hari.

Pemanenan  

Pemanenan beras merah harus dilaksanakan pada umur panen yang memenuhi syarat-syarat seperti di bawah ini :

  • 90-95% gabah mulai tampak berwarna kuning.
  • mulai berumur 30-35 hari setelah berbunga rata.
  • kandungan air gabahnya sekitar 22-26%, diukur menggunakan moisture tester.

Demikianlah cara menanam beras merah organik secara simpel. Bagi Anda yang tertarik, bisa mencobanya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *