Cara Menanam Belimbing Dengan Cara Organik

Urbanina.com – belimbing merupakan salah satu buah yang banyak ditanam di halaman rumah. Rumah yang ditanam dengan tanaman buah belimbing tersebut akan tampak hijau sekaligus pemilik bisa menikmati buah belimbing kapan saja tanpa harus membeli di pasar. Adapun buah belimbing tersebut termasuk salah satu buah yang bentuknya unik tetapi masih banyak disukai oleh anak-anak, terutama buah yang sudah matang yang rasanya lezat. Adapun dengan menanam tanaman ini di rumah, maka anak-anak bisa memetik sendiri buah kesukaannya tersebut dan bisa dibagikannya ke temannya yang juga suka dengan buah tersebut. Tidak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa juga suka dengan buah yang satu ini. Adapun bagi orang dewasa, cara menanam belimbing mungkin lebih disukai karena untuk mengisi waktu luang sekaligus untuk menyalurkan hobi bertanamnya.

cara menanam belimbing

Bagi anda yang suka bertanam untuk dijadikan hobi, maka anda bisa memilih untuk menanam tanaman buah belimbing yang satu ini. Adapun cara penanaman buah belimbing bisa dilakukan dengan cara penanaman yang bervariasi. Dengan sistem penanaman yang bervariasi tersebut maka hobiis tidak mudah bosan dalam menjalani hobi ini. Dan juga hobiis bisa memilih sistem mana yang akan mereka gunakan untuk bertanam. Beberapa sistem yang bisa digunakan untuk cara menanam belimbing tersebut diantaranya adalah sistem organik, hidroponik, aquaponik dan lain-lain. Tentu saja penanam memilih cara menanam belimbing tersebut yang sesuai dengan lingkungan di rumahnya.

Dikarenakan banyaknya sistem penanaman yang cocok untuk bertanam tanaman belimibing ini, maka bagi anda yang mau menggunakan cara menanam belimbing dengan cara organik maka lebih direkomendasikan. Pada dasarnya sistem penanaman organik ini merupakan salah satu sistem penanaman yang paling mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, bagi anda yang masih pemula sekalipun anda bisa melakukan sistem penanaman ini dengan sedikit belajar. Selain mudah untuk dilakukan, sistem organik ini juga cocok untuk bertanam tanaman buah belimbing karena merupakan sistem penanaman yang paling aman dari berbagai zat kimia berbahaya. Dengan begitu, maka buah belimbing yang dihasilkan oleh tanaman organik tersebut merupakan buah belimbing yang sehat yang aman untuk keluarga. Berikut adalah langkah demi langkah untuk menanam tanaman belimbing dengan sistem organik.

  • Pertama-tama, siapkan dahulu planter bag dengan ukuran diameter minimal 60 cm.
  • Selanjutnya, anda bisa menyiapkan pupuk kohe, sekam bakar dan tanah dengan perbandingan 1:1:1.
  • Setelah itu, campurkan ketiga bahan diatas hingga menjadi satu dan merata. Setelah ketiga bahan tersebut tercampur dan merata, maka gunakan campuran tersebut untuk media tanam.
  • Masukan media tanam tersebut ke planter bag yang telah anda siapkan tadi.
  • Buat lubang tanam pada media tanam dengan ukuran yang sesuai dengan bibit yang telah disiapkan.
  • Buka polibag atau plastik keresek pembungkus bibit tanaman kelengkeng.
  • Letakkan bibit tanaman kelengkeng tersebut ke lubang tanam yang telah dipersiapkan.
  • Tutup kembali lubang tanam menggunakan media tanam disekitarnya.
  • Setelah itu, langsung siramkan air secukupnya ke akar bibit yang telah ditanam tersebut agar tanaman tidak kekurangan asupan air.

Demikian adalah langkah demi langkah penanaman bibit belimbing yang bisa anda kerjakan. Adapun penanaman tanaman belimbing yang menggunakan polibag ini lebih disarankan karena dengan begitu maka tanaman ketika kekurangan sinar matahari bisa langsung dipindahkan ke tempat yang terkena sinar matahari dengan lebih mudah. Nah, bagi anda yang mau order bibit belimbing, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *