Cara Menanam Bayam Pelangi Organik

Urbanina.com - Waktunya untuk mulai berkebun lagi. Kali ini, kita akan berkebun dengan sistem organik dan dapat dilakukan dimana saja termasuk di rumah kita masing-masing. Untuk menghilangkan kejenuhan, kali ini kita akan menanam salah satu sayuran yang belum pernah kita tanam sebelumnya yaitu bayam pelangi. Bagaimana cara menanam bayam pelangi di rumah kita, simak penjelasannya berikut ini. Tidak perlu khawatir dengan akan adanya kesulitan yang akan dihadapi karena segala kesulitan dalam berkebun bisa kita tangani. Semangat! Baiklah, menanam bayam pelangi memang menjadi yang pertama kali kita lakukan. Tetapi tutorial yang kami bagikan berikut ini adalah tutorial yang telah teruji keberhasilannya dan sudah pernah kami praktekan di rumah kami dan hasilnya dapat anda lihat digambar yang kami sisipkan dalam artikel kali ini. Jadi, anda cukup mengikuti step by step cara menanam bayam pelangi di rumah kita berikut ini, kemudian tunggu hingga masanya nanti sayuran bayam yang anda tanam akan membuahkan hasilnya. Pertama-tama, terlebih dahulu siapkan alat dan bahan penanamannya berikut ini.

-starterkit organik

-tanah

-pupuk organik

-benih sayuran bayam pelangi

-cetok untuk mengolah media tanam

-air secukupnya

Selesai menyiapkan alat dan bahan penanaman, kita bisa langsung memulai menanam bayam pelangi ini. Untuk tutorial lengkap cara menanam bayam pelangi dirumah kita, simak langkah demi langkah berikut ini.
  1. Penyemaian benih
01 Baiklah, kita mulai penanaman ini dengan langkah yang pertama yaitu penyemaian benih. Anda tidak perlu khawatir karena langkah pertama ini adalah langkah yang paling mudah yang bisa dilakukan. Buka wadah benih bayam pelangi yang telah anda siapkan, kemudian mulailah menyemai benih tersebut pada tanah yang lembab atau lewat media semai lain yang biasa anda gunakan. Kalau anda lebih terbiasa menggunakan kain flanel untuk menyemai, anda bisa menggunakannya.
  1. Mencampur media tanam
Sebenarnya langkah ini dapat anda lakukan sambil menunggu semaian berhasil ataupun tanpa menunggunya pun juga tak apa. Campurkan tanah yang anda siapkan dengan pupuk kandang agar tercipta media tanam organik yang baik untuk tanaman bayam pelangi kita nanti. Adapun perbandingan pupuk kandang dengan tanah adalah 1 : 1.
  1. Menyiapkan starterkit
03 Starterkit yang kami gunakan adalah starterkit organik seperti pada gambar. Dengan starterkit ini kita tidak perlu pusing memikirkan lahan yang luas karena bisa diletakkan pada lahan sempit sekalipun. Untuk menyiapkan starterkit, anda bisa meletakkan media tanam yang sudah jadi di starterkit tersebut. Kemudian, tambahkan air secukupnya pada media tanam tersebut. Dengan begitu, unsur hara yang ada pada media tanam telah benar-benar siap untuk menumbuhkan sayuran bayam pelangi kita.
  1. Pindah tanam
Setelah semaian berhasil dan starterkit siap, kita menuju ke langkah yang berikutnya dan yang menyenangkan yaitu pindah tanam. Langkah pindah tanam adalah salah satu langkah favorit saya karena ada kesan tersendiri ketika memindahkan tanaman kecil ke tempat yang lebih indah. Cara pindah tanam pun cukup mudah dilakukan. Anda tinggal mencabut tanaman hasil semaian ke starterkit yang sudah siap dengan media tanam tadi. Dengan sedikit sentuhan dari feeling, kita bisa menyusun sesuka hati dimana susunan tanaman pada starterkit kita.
  1. Perawatan dan panen
05 (2) Dan yang terakhir adalah perawatan dan panen. Perawatan yang dilakukan tidaklah terlalu sulit, yaitu cukup menyiraminya setiap pagi dan sore. Kalau sudah terkena air hujan pun kita tidak perlu menyiramnya, mudah bukan? Dengan perawatan yang optimal, maka kita bisa memanen bayam pelangi organik yang sehat di rumah kita sendiri, dan bisa kita manfaatkan untuk mberi asupan gizi baik untuk keluarga kita. cara menanam bayam pelangi Demikian tutorial cara menanam bayam pelangi di rumah kita yang dapat kami tulis kali ini. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi anda yang suka bercocok tanam di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *