Cara Menanam Bayam Merah Dengan Sistem Microgreen

Urbanina.com - kalau anda seorang vegetarian, maka sayuran microgreen adalah salah satu sayuran yang tidak boleh anda lewatkan. Pada umumnya orang mengkonsumsi sayuran hanya kalau sudah berukuran cukup atau kalau memang sudah waktunya panen. Namun, kali ini anda bisa mengkonsumsi sayuran yang belum di masa panen bahkan masih berukuran kecil. Iya, sayuran tersebut disebut dengan nama microgreen. Bagi anda yang suka dengan sayuran mungkin sudah kenal microgreen ini sejak lama. Namun, bagi anda yang masih awam mungkin masih bertanya-tanya apa itu microgreen. Microgreen adalah salah satu jenis sayuran yang sangat bergizi sehingga banyak dikonsumsi dan banyak ditemukan di beberapa restoran tertentu. Microgreen memang salah satu sayuran yang istimewa karena selain karena kandungan gizinya yang banyak, juga memiliki ukuran yang mini sehingga disebut microgreen. Cara penanaman microgreen pun sebenarnya mudah, seperti cara menanam bayam merah dengan sistem microgreen misalnya. cara menanam bayam merah Untuk bisa mengkonsumsi sayuran microgreen anda bisa datang ke restoran yang menyediakan menu microgreen ini. Banyak menu yang lezat yang dipadukan dengan taburan microgreen ini. Salah satu cara yang simpel dan mudah untuk mengolah microgreen adalah dengan menggunakannya sebagai lalapan atau sebagai topping. Menanam sayuran microgreen juga bisa menjadi pilihan bagi mereka yang mau mengkonsumsi sayuran microgreen ini, karena langkah penanamannya yang mudah dan waktu panen yang singkat. Berikut ini akan kami bahas mengenai cara menanam bayam merah dengan sistem microgreen. Cara menanam bayam merah dengan sistem microgreen memang mudah dilakukan dan simpel untuk siapa saja. Peralatan yang mudah didapatkan serta masa panen yang singkat membuat cara menanam bayam merah dengan sistem microgreen ini semakin mudah untuk dilakukan. Nah, bagi anda yang mau menanam bayam merah dengan sistem microgreen ini, anda bisa siapkan alat dan bahan dibawah ini.
  1. microtray
  2. rockwool
  3. sekam bakar
  4. benih bayam merah
  5. air secukupnya
  6. kain kasa
Setelah samua alat dan bahan siap, anda bisa langsung memulai pananaman microgreennya. Berikut step by step penanaman bayam merah dengan sistem microgreen.
  • penyemaian
Pertama-tama, siapkan kain kasa yang dilipat kemudian letakan di alas microtray agar bisa menutupi lubang pada bagian alas microtray. Kemudian, siapkan rocwool dan sekam bakar yang telah dibasahi. Letakkan rockwool diatas kain kasa pada salah satu sisi microtray, kemudian juga letakkan sekam bakar di sisi yang lain. Buat lubang tanam pada rockwool dan sekam bakar secukupnya dan letakkan benih bayam merah pada lubang tanam tersebut. Pada sekam bakar, anda bisa menutup benih dengan sekam disekitarnya. Setelah selesai, berikan air sesuai takaran yang ada pada microtray dan tunggu benih hingga pecah benih. Benih bayam merah akan segera pecah benih setelah didiamkan selama 1-2 hari.
  • perawatah
Perawatan microgreen bisa dikatakan sebagai salah satu perawatan yang paling mudah untuk dilakukan. Anda cukup mengecek kelembaban media tanam dan persediaan air di dalam microtray. Usahakan untuk menambah air kalau terlihat persediaan air mulai menipis. Bertanam bayam merah dengan sistem microgreen ini tidak perlu menggunakan pupuk sehingga dengan memberi air yang bersih sudah cukup digunakan sampai nanti tiba masa panen.
  • panen
Masa panen microgreen ini dapat dilakukan ketika tanaman sudah berumur 7-14 hari. Namun, menurut pengalaman farmer kami, microgreen ini ideal dilakukan pemanenan saat berusia 10-14 hari. Cara pemanenan microgreen pun cukup mudah yaitu dengan memotong bagian pangkal batang pada tanaman dan microgreen siap diolah sesuai menu kesukaan anda. Nah, bagi anda yang mau order paket tanam microgreen, anda bisa order sekarang dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *