Cara Menanam Basil Lemon Dengan Sistem Microgreen

Urbanina.com – dari berbagai jenis tanaman herbal, tanaman basil lemon termasuk salah satu jenis tanaman herbal yang menarik untuk ditanam di rumah. Kita tahu dari tanaman basil tersebut kita bisa mendapatkan khasiat yang cukup banyak mengingat tanaman basil lemon termasuk salah satu dari tanaman herbal yang baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi saat ini tanaman herbal telah banyak dikenal orang untuk dijadikan salah satu manfaatnya yaitu sebagai tanaman obat. Adapun salah satu penyebabnya adalah dikarenakan biaya pengobatan penyakit saat ini terkadang harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Oleh karena itu dengan cara menanam basil lemon di rumah bisa menjadi solusi untuk mendapatkan pengobatan tersebut.

cara menanam basil lemon

Kita tahu manfaat dari tanaman basil lemon tersebut ternyata banyak untuk menjaga kesehatan tubuh. Sehingga, dengan cara menanam basil lemon di rumah tentu saja akan mudah bagi seseorang untuk bisa mendapatkan manfaat dari tanaman basil lemon tersebut. Adapun diantara banyaknya manfaat dari daun basil tersebut diantaranya adalah mampu menjaga kesehatan jantung, menjaga daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas, maupun sebagai anti inflamasi. Oleh karena banyaknya manfaat yang terkandung pada daun basil tersebut, maka tanaman tersebut termasuk salah satu tanaman herbal. Adapun cara menanam basil lemon ini bisa anda lakukan dengan cara microgreen agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari tanaman herbal yang satu ini.

Adapun menanam dengan sistem microgreen ini sebebarnya banyak dilakukan pada beberapa sayuran yang ada di sekitar kita. Berbagai sayuran seperti bayam, sawi, hingga kangkung semua bisa ditanam dengan sistem microgreen tersebut. Dan yang menjadi salah satu keunggulan dari sistem microgreen tersebut adalah bahwa sayuran yang dihasilkan akan memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibandingkan sayuran yang ditanam dengan sistem biasa. Oleh sebab itu, sistem microgreen ini banyak dipakai oleh mereka yang memang ingin mendapatkan gizi yang maksimal dari sayuran yang mereka konsumsi. Dan dengan cara menanam basil lemon dengan sistem microgreen ini diharapkan juga bisa didapatkan daun basil lemon yang lebih banyak kandungan gizinya bagi mereka yang suka dengan tanaman herbal tersebut. Dan berikut ini adalah langkah demi langkah untuk penanaman basil lemon menggunakan sistem microgreen tersebut.

  • Pertama-tama, siapkan microtray yang akan digunakan sebagai wadah microgreen yang akan kita tanam.
  • Isi microtray tersebut dengan air secukupnya pada penampung air pada baagian bawah microtray.
  • Setelah itu, siapkan rockwool lalu basahi rockwool tersebut hingga menjadi lembab.
  • Buat lubang tanam pada rockwool yang telah lembab tersebut.
  • Kemudian, buka kemasan benih basil lemon dan taburkan benih tersebut ke lubang tanam yang telah disiapkan tersebut.
  • Tutup benih yang disemai tersebut menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau warna gelap.
  • Tunggu hingga pecah benih.
  • Kalau sudah pecah benih, buka penutup semaian tersebut dan langsung kenakan semaian ke sinar matahari.
  • Jaga terus kelembaban rockwool agar tanaman basil lemon tersebut bisa tumbuh dengan baik menggunakan sistem microgreen tersebut.
  • Usahakan juga untuk mengenakan tanaman ke sinar matahari agar bisa tumbuh dengan optimal.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan penanaman tanaman basil lemon dengan sistem microgreen. Adapun sistem penanaman ini bisa anda lakukan di rumah tanpa harus dilakukan di lahan yang luas karena sistem microgreen ini tidak membutuhkan lahan yang luas. Nah, bagi anda yang mau order paket microgreen untuk melakukan penanaman, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *