Cara Menanam Apel India Menggunakan Sistem Organik

Urbanina.com – apel adalah buah yang identik dengan indonesia. Apel merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat. Selain itu, apel juga memilliki banyak kandungan gizi yang berguna bagi tubuh. Sehingga tidak heran kalau apel tersebut termasuk kedalam salah satu menu diet yang sehat. Bagi masyarakat yang suka dengan buah apel tersebut maka kurang rasanya kalau belum bisa menikmati buah apel tersebut. Adapun sebenarnya buah apel tersebut banyak tersedia di toko buah di pinggir jalan maupun di swalayan. Namun, ada juga gagasan untuk mengetahui cara menanam apel sehingga bisa langsung menanamnya di rumah dan kalau sudah panen bisa langsung petik tanpa harus membeli di toko atau di swalayan.

cara menanam apel

Sebenarnya cara menanam apel tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja karena langkah demi langkah yang dilakukan cukup mudah. Cara menanam apel tersebut juga cocok untuk dilakukan di indonesia yang memiliki iklim tropis sehingga sangat memanjakan para penanam yang akan menanam tanaman apel tersebut. Karena iklim yang cocok maka cara menanam apel tersebut telah banyak dipraktekan di salah satu daerah di indonesia dan bisa memproduksi buah apel yang cukup banyak untuk dipasarkan di pasar domestik. Namun, dikarenakan semakin berkembangnya zaman, kini telah muncul nama baru untuk jenis apel yang bisa ditanam di indonesia yaitu jenis apel yang bernam apel india.

Apel india tersebut sesuai dengan namanya yaitu jenis buah apel yang berasal dari negara india. Namun, meskipun buah tersebut berasal dari india, tetapi tetap bisa ditanam di indonesia dan bisa menghasilkan buah yang cukup bagus. Hal tersebut dikarenakan jenis tanaman buah apel india tersebut memang salah satu jenis tanaman yang mudah beradaptasi serta memiliki kemampuan untuk berbuah dengan baik meskipun kondisi tanaman yang tidak begitu baik atau kritis. Sehingga, cara penanaman tanaman buah apel india tersebut relatif lebih mudah. Berikut adalah step by step untuk penanaman tanaman buah apel india menggunakan sistem organik.

  • Langkah pertama bisa dilakukan dengan menyiapkan terlebih dahulu planter bag yang akan digunakan sebagai wadah penanaman.
  • Uuntuk menanam apel india ini anda bisa menggunakan planter bag dengan ukuran diameter minimal 30 cm.
  • Selanjutnya, siapkan bahan untuk membuat media tanam yaitu pupuk kohe, tanah dan sekam bakar masing-masing dengan perbandingan 1:1:1.
  • Campurkan ketiga bahan diatas di tempat terpisah hingga tercampur dengan benar-benar merata.
  • Setelah media tanam jadi, masukan media tanam tersebut kedalam planter bag.
  • Kemudian, buat lubang tanam pada media tanam yang sudah siap di planter bag tersebut.
  • Siapkan bibit apel india yang akan ditanam menggunakan sistem organik tersebut.
  • Lepaskan plastik pembungkus bibit apel india lalu tanam bibit apel india ke lubang tanam yang sudah siap di planter bag tersebut.
  • Tutup kembali lubang tanam menggunakan media tanam disekitarnya.
  • Setelah itu, siram bibit tanaman apel india tersebut menggunakan air secukupnya.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan proses penanaman pada tanaman apel india menggunakan sistem organik. Dengan menggunakan sistem organik tersebut maka bisa dipastikan bahwa hasil panen apel india yang dihasilkan juga akan memiliki kualitas gizi yang lebih baik dibandingkan sistem penanaman konvensional pada umumnya. Sehingga, sangat disarankan bagi anda untuk bibit apel india tersebut di rumah dengan menggunakan sistem organik. Nah, bagi anda yang mau order bibit apel india, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE