Cara Menanam Anggur Brazil Menggunakan Polibag

Urbanina.com – menanam tanaman buah merupakan salah satu hobi yang kini banyak diminati oleh masyarakat. Terdapat banyak jenis buah yang bisa ditanam di halaman maupun pekarangan rumah. Apalagi di indonesia ini memiliki iklim tropis sehingga terdapat banyak jenis tanaman buah yang bisa ditanam sebagai salah satu sarana untuk menyalurkan hobi. Mulai dari jenis buah rambutan, mangga, jeruk hingga buah anggur brazil, semua bisa ditanam di indonesia yang beriklim tropis tersebut. Sebenarnya buah anggur brazil merupakan tanaman buah yang berasal dari negara brazil. Namun, dikarenakan kecocokannya untuk ditanam di indonesia, buah anggur brazil menjadi salah satu tanaman buah yang dipilih untuk ditanam. Cara menanam anggur brazil pun sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah karena bisa disesuaikan dengan ketersediaan alat dan bahan penanaman di rumah.

cara menanam anggur brazil

Tanaman buah anggur brazil tersebut memiliki nama lain yaitu jaboticaba. Sehingga, orang terkadang lebih memilih untuk menggunakan nama jaboticaba tersebut karena sudah terbiasa sejak kecil. Meskipun cara menanam anggur brazil tersebut tergolong mudah, namun belum banyak hobiis di indonesia yang menanam tanaman buah tersebut di halaman atau pekarangan rumah mereka. Sebenarnya rasa yang dihasilkan oleh buah anggur brazil yang satu ini tidak kalah apabila dibandingkan dengan buah anggur pada umumnya. Buah anggur brazil tersebut memiliki daging buah yang berwarna putih dan kalau sudah matang akan terasa manis asam. Ditambah dengan cara menanam anggur brazil yang mudah, maka tanaman anggur brazil bisa menjadi salah satu alternatif tanaman buah yang bisa ditanam di halaman maupun di pekarangan rumah.

Adapun untuk cara menanam anggur brazil tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara dan tidak terpaku pada satu cara yang itu-itu saja. Dengan begitu, maka penanam bisa memilih jenis penanaman apa yang akan digunakan untuk menanam tanaman yang satu ini. Menanam langsug ke tanah menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan, tetapi terkadang cara tersebut kurang tepat apabila didapatkan tanah yang kurang subur dan lokasi yang sulit terkena sinar matahari. Adapun cara lain yang bisa digunakan untuk menanam tanaman anggur brazil adalah dengan menggunakan polibag. Berikut adalah langkah demi langkahnya yang bisa dilakukan.

  • Pertama siapkan terlebih dahulu polibag yang akan digunakan untuk menanam tanaman angur brazil tersebut.
  • Untuk ukuran polibag, disarankan untuk menggunakan polibag dengan ukuran diameter minimal 20 cm.
  • Setelah itu, siapkan tanah, pupuk kohe dan sekam bakar masing-masing dengan perbandingan 1:1:1.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut ditempat terpisah hingga merata. Lalu, gunakan campuran yang sudah merata sebagai media tanam.
  • Masukan media tanam yang sudah jadi ke polibag yang sudah disiapkan.
  • Setelah itu, buat lubang tanam di media tanam yang sudah berada didalam polibag.
  • Siapkan bibit buah anggur brazil yang akan ditanam.
  • Lepaskan plastik keresek yang membungkus bibit, lalu masukan bibit ke lubang tanam yang sudah disiapkan.
  • Tutup kembali lubang tanam menggunakan media tanam disekitarnya.
  • Lalu, siram bagian akar tanaman dengan air secukupnya agar tanaman tidak kekurangan air.

Demikian adalah langkah demi langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan penanaman terhadap tanaman anggur brazil tersebut. Dengan melakukan penanaman tanaman anggur brazil menggunakan polibag tersebut maka penanam akan lebih mudah mengatur pemberian pupuk dan sekaligus tanaman akan lebih mudah untuk di pindahkan ke lokasi yang terkena sinar matahari. Dan setelah panen, maka penanamn bisa menikmati buah anggur brazil dengan tinggal petik saja. Nah, bagi anda yang mau order bibit anggur brazil, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *