Cara Melakukan Stek Pada Tanaman Murbei

Urbanina.com – berkebun sudah menjadi hobi yang banyak disukai oleh masyarakat indonesia. Kini sudah banyak para hobiis berkebun yang memanfaatkan waktu luang yang mereka miliki untuk menanam berbagai jenis tanaman baik untuk konsumsi sendiri maupun hanya sekedar hobi. Kita tahu ada banyak jenis tanaman yang bisa ditanam di kebun mulai dari berbagai jenis sayuran seperti sayuan kubis, kangkung, selada dan lain-lain hingga berbagai jenis tanaman buah mulai dari buah mangga, kelengkeng, murbei dan lain-lain. Tanaman buah murbei menjadi salah satu jenis tanaman yang menarik untuk ditanam karena tanaman tersebut bisa ditanam meskipun hanya dari menyetek. Cara melakukan stek pada tanaman murbei pun sebenarnya tidaklah terlalu sulit sehingga bisa dipraktekan oleh seorang pemula sekalipun.

cara melakukan stek

Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan kegiatan berkebun tentu saja kegiatan menyetek tanaman bukan lagi hal yang baru bahkan mungkin sudah terbiasa melakukan kegiatan menyetek tersebut. Namun, bagi sebagian yang masih pemula tentu saja untuk bisa mempraktekan cara melakukan stek pada tanaman murbei dengan baik harus melalui latihan terlebih dahulu. Kita tahu untuk bisa memiliki skil yang mumpuni seseorang harus mulai dari belajar dengan tekun terlebih dahulu. Termasuk cara melakukan stek pada tanaman murbei tersebut pun juga hanya bisa dikuasai kalau sudah mempelajari dengan baik dan mempraktekannya dengan benar. Oleh karena itu, tentu saja cara melakukan stek pada tanaman murbei ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anda yang masih pemula sekalipun.

Untuk memulai penyetekan tanaman murbei ini sebenarnya bisa dilakukan dengan langkah penyetekan yang sederhana dan tidak membutuhkan alat maupun bahan yang terlalu ribet. Adapun bagi anda yang sudah terbiasa melakuan kegiatan bertanam ini anda pun akan lebih mudah untuk mencoba mempraktekan kegiatan stek tanaman murbei ini. Sedangkan tanaman murbei sendiri merupakan salah satu tanaman yang menarik untuk ditanam di halaman atau pekarangan rumah. Tinggi tanaman murbei yang tidak terlalu tinggi membuatnya cukup nyaman ditanam di pekarangan atau halaman rumah. Dan ketika tanaman tersebut telah berbuah maka penanam bisa langsung memetik buah murbei tersebut baik untuk dikonsumsi sendiri atau diberikan kepada tetangga. Berikut ini adalah langkah-langkah stek tanaman murbei yang bisa anda praktekan.

  • Pertama siapkan terlebih dahulu polibag dengan ukuran minimal berdiameter 10 cm.
  • Lalu, buat campuran media tanam dengan menyiapkan 3 bahan yaitu pupuk kohe, sekam bakar dan tanah.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut di tempat yang terpisah. Usahakan untuk mencampurkan ketiga bahan tersebut hingga benar-benar merata.
  • Setelah selesai, masukkan media tanam tersebut ke polibag yang telah disiapkan.
  • Siapkan tanaman buah murbei yang mau dilakukan stek.
  • Potong batang tanaman murbei tersebut dengan ukuran masing-masing 30-40 cm.
  • Setelah selesai, langsung saja tanamkan batang murbei yang telah dipotong tersebut ke media tanam didalam polibag tersebut.
  • Lalu, siramkan air secukupnya ke tanaman yang telah ditanam di media tanam tersebut. Hal ini diperlukan agar kebutuhan air bisa terpenuhi.

Demikian tadi adalah cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kegiatan stek pada tanam murbei. Dengan melakukan stek tersebut anda tidak perlu lagi mencangkok tanaman apabila ingin memperbanyak tanaman murbei yang anda tanam. Adapun cara menyetek tanaman murbei ini pun bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang sederhana saja. Nah, bagi anda yang mau order polibag untuk menyetek tanaman murbei ini, anda bisa order dengan cara klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *