Beras Merah Organik untuk Hidup lebih Sehat

Beras Merah Organik untuk Hidup lebih Sehat

Urbanina.com – Semakin banyak orang mencoba untuk hidup sehat, malahan hingga rela menghabiskan banyak biaya. Tapi bagi yang belum sadar tentang pola makan sehat, cukup mengeluarkan kocek 700 rupiah per hari agar sehat alami. Caranya yakni dengan teratur mengonsumsi nasi dari tanak beras merah organik.

Harga setiap kilogram beras merah cuma Rp 20.000, namun dapat dikonsumsi selama 1 bulan. Jadi setiap hari hitungannya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 700. Tetapi manfaatnya untuk keluarga luar biasa sekali.

Beras Merah Organik untuk Hidup lebih Sehat

Diantara beberapa jenis beras yang terdapat di Indonesia, beras yang memiliki warna merah atau beras merah dipercaya berkhasiat sebagai obat. Beras merah yang sudah diketahui sejak tahun 2.800 SM ini oleh kaum tabib waktu itu diyakini mempunyai nilai medis yang bisa mengembalikan lagi rasa tenang serta damai.

Walau kandungan karbohidrat beras merah lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih, namun nilai energi yang diberikan beras merah justru diatas beras putih. Kecuali lebih kaya protein, hal itu barangkali dikarenakan kandungan tiaminnya yang lebih tinggi/banyak.

Kekurangan tiamin dapat membahayakan jantung dan sistem saraf. Dalam kondisi berat disebut beri-beri dengan gejala awal berupa refleks berkurang, jantung berdebar, kesemutan, mudah lelah, sembelit, gangguan pencernaan, dan nafsu makan berkurang.

Unsur gizi lainnya yang ada pada beras merah ialah selenium dan fosfor. Selenium adalah elemen kelumit yang menjadi bagian utama dari enzim glutation peroksidase yang berfungsi sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida menjadi senyawa yang tak bersifat racun (toksik). Berkat kemampuannya itulah para pakar menyatakan bahan ini berpotensi untuk menangkal penyakit kanker dan penyakit degeneratif yang lainnya.

Beras merah organik yang mulai dikenal banyak orang memiliki berbagai khasiat seperti untuk program diet (penurunan berat badan), diabetes, malahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena beras yang diproduksi dari lahan pilihan,ditanam dengan pupuk organik khusus dan unsur hayati tanpa pemakaian pestisida kimia ini dapat menambah kecerdasan otak balita dan anak. Kecuali itu juga menghindari berlangsungnya kelahiran prematur.

Beras merah organik itu sebetulnya sama juga dengan beras putih biasa dengan kadar glukosa yang sama. Tetapi yang membedakan adalah tingkat seratnya yang tinggi dan kandungan asam folatnya. Asam folat bermanfaat untuk kecerdasan otak dan bila dikonsumsi oleh ibu hamil baik sekali untuk pertumbuhan janinnya. Sedangkan kadar serat yang tinggi  berguna untuk program diet sehingga tidak perlu makan banyak, tetapi pasti merasa kenyang. Disamping itu juga melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Cara paling mudah mengonsumsi beras merah ialah mencampurkannya dengan beras putih biasa ketika menanak nasi. Perbandingannya cuma 1:9 dimana 1 takaran saja untuk beras merah dan untuk beras putihnya sebanyak 9 takaran.

Akan tetapi memang masih sedikit orang yang paham mengenai pola hidup sehat seperti ini. Namun pelan-pelan tapi pasti orang-orang akan sadar terhadap pentingnya pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat, salah satu diantaranya dengan mengonsumsi beras merah organik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *