Banyaknya Manfaat Pupuk Organik Yang Ramah Lingkungan

Banyaknya Manfaat Pupuk Organik Yang Ramah Lingkungan

Urbanina.com – Apa saja manfaat pupuk organik? Jawabannya adalah banyak sekali manfaat pupuk organik yang didapat oleh petani. Yang paling populer tentu dapat memperbaiki produktivitas tanah. Banyaknya permintaan akan pupuk organik salah satunya adalah digunakan oleh para petani untuk memperbaiki kualitas lahan yang mereka miliki. Kerusakan kualitas lahan para petani kebanyakan dilakukan oleh kesalahan yang tidak sadar mereka lakukan dimasa lalu, yaitu penggunaan pupuk kimia yang berlebihan. Seperti yang diketahui, penggunaan pupuk kimia memang bagus dalam memberi nutrisi kepada tumbuhan, tetapi untuk menjaga kualitas tanah pupuk ini tidaklah kompeten atau tidak mampu. Akibatnya, petani kembali menggunakan pupuk organik dalam memberi makanan kepada tanaman yang mereka tanam di lahan mereka.

manfaat pupuk organik

Tanah yang memiliki kualitas yang baik adalah tanah yang minimal memiliki kadar karbon organik sebesar 2,5 %. Itulah yang didapat dari berbagai macam studi. Bagi para petani, mungkin saja mereka dapat mengetahui kualitas lahan mereka tanpa harus melihat hasil studi tersebut. Hal ini membuat para petani tersebut banyak yang lebih memilih untuk menggunakan pupuk organik sebagai pupuk yang mereka pilih dalam bertani. Mereka tentu menyadari bahwa dengan menggunakan pupk organik sebagai pupuk, lahan yang mereka garap akan memiliki umur yang lebih lama karena lahan terus memiliki asupan kadar karbon organik dari penggunaan pupuk itu sendiri. Lalu, apa saja manfaat pupuk organik ini? Berikut penjelasannya.

  1. Pupuk organik memperbaiki sifat fisik tanah

Manfaat pupuk organik yang pertama ialah bahwa pupukorganik dapat memperbaiki sifat fisik tanah. Tanah yang baik untuk pertanian memiliki sifat-sifat fisik tertentu yang membuat senyum para petani menjadi lebar. Tanah seperti inilah yang diinginkan para petani. Salah satu cirinya adalah, tanah tersebut dapat menyimpan air lebih banyak dari pada tanah dengan kualitas yang buruk. Air tentu sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam proses pertumbuhannya. Selain itu, tanah juga akan stabil dalam hal pembentukan agreat, aerasi dan drainase. Dan juga, tanah akan tidak mudah terkena erosi.

  1. Pupuk organik juga memperbaiki sifat kimia tanah

Setidaknya sudah ada dua hal baik yang menjadi manfaat dari penggunaan pupuko organik dari para petani untuk memperbaiki kualitas tanah. Didalam tanah juga memiliki sifat kimia yang harus dijaga agar dapat menumbuhkan tanaman yang sehat, yang buahnya akan dipanen nantinya. Panen yang baik tentu memiliki kualitas hasil panen yang kualitas kuantitasnya baik untuk para petani. Zat hara yang ada pada tanah menjadi salah satu penentu hasil panen tersebut. Padahal, ketika tanah mendapat pupuk yang kurang baik unsur haranya, tanah akan semakin lama semakin tidak baik kualitas unsur haranya. Maka, pupuk organik inilah yang menjadi pupuk yang sangat disukai tanaman. Unsur hara yang ada pada pupuk dapat terus memelihara agar tanah memiliki unsur hara(baik mikro ataupun makro) yang tetap terjaga, dan tanaman dapat tumbuh sehat.

  1. Pupuk organik dapat memperbaiki sifat biologi tanah

Dengan menggunakan pupuk organik sebagai pupuk, maka sifat biologi tanah akan ikut terjaga. Manfaat ini dapat dilihat dari keanekaragaman mikroba tanah dan makrobiota tanah yang terdapat pada tanah. Tanah yang baik untuk meningkatnya populasi mikroba dan makrobiota tentu tanah yang miliki unsur hara, ketersediaan energi, air dan udara. Tanah dengan kualitas inilah yang akan didapat dari penggunaan pupuk organik dibandingkan pupuk kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *