8 Alasan Mendukung Pertanian Organik

8 Alasan Mendukung Pertanian Organik

Urbanina.com – Di abad kedua puluh satu, banyak tren pertanian yang banyak dipraktekkan oleh para petani dan pembudidaya tanaman mulai dari sistem pertanian organik, hidroponik dan lain sebagainya. Sebagai salah satu sistem pertanian, pertanian organik memiliki banyak kelebihan dibandingkan jenis pertanian konvensional. Jika anda masih bertanya-tanya mengapa kita harus mendukung pertanian organik, berikut ini adalah alasan yang tepat mengepa kita harus mendukung sistem pertanian ini

mendukung pertanian organik

  1. Mengurangi kadar racun dalam makanan dan lingkungan

Dengan membeli produk pertanian organic berarti kita secara tidak langsung mendukung sistem pertanian ini. Produk organik tentunya menghasilkan panen yang lebih sehat dan bernutrisi serta aman dari penggunaan bahan kimia berbahaya yang merupakan racun bagi tubuh dan lingkungan.

  1. Mengurangi paparan racun pada lahan dan petani

Pertanian konvensional yang menggunakan bahan-bahan kimia sebagai pupuk dan pestisida dapat mencemari tanah dan lingkungan serta juga berbahaya jika terpapar oleh racun bahan kimia tersebut. Dengan mendukung pertanian organik kita bisa mendukung agar lahan dan pekerja tetap sehat.

  1. Melindungi generasi masa depan

Sebelum seorang ibu melahirkan anaknya, pestisida yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsinya dapat berhaya bagi janin. Semua bahan kimia yang digunakan dalam pertanian tentunya berbahaya jika dikonsumsi secara terus menerus dan dapat menurunkan tingkat kecerdasan dan mental anak dimasa depan. Penelitian membuktikan bahwa pestisida kimia dapat menyebabkan penyakit kanker, gangguan syaraf dan menyebabkan kemandulan.

  1. Rasa buah dan sayur lebih enak

Tanaman yang tumbuh secara alami tanpa campur tangan bahan kimia atau hormone buatan dapat menghasilkan rasa yang lebih enak dan hal ini sudah terbukti secara ilmiah. Kandungan nutrisi tanaman juga lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman yang ditanam dengan metode onvensional. Jadi jelas sudah mengapa strawberry dan buah lainnya yang ditanam dengan cara organik rasanya lebih manis dan segar.

  1. Mendukung biodiversitas lingkungan

Dalam suatu pertanian organic, segala aktifitas alam terjadi didalamnya termasuk proses polinasi atau penyerbukan tanaman oleh serangga seperti lebah, kupu-kupu, kepik dan lain sebagainya. Dengan mendukung pertanian organik, secara tidak langsung kita ikut menjaga keberagaman dalam ekosistem dan segala organisme yang beraktifitas didalamnya.

  1. Mendukung penghematan energi

Pertanian organik memang memerlukan tenaga dan upaya ekstra dalam merawat tanaman dan hal tersebut biasanya dilakukan secara manual tanpa bergantung pada mesin dan bahan kimia yang digunakan untuk mengusir hama misalnya. Meskipun demikian ternyata metode pertanian ini dapat menghemat energi hingga 30% dari sistem pertanian konvensional.

  1. Membantu kehidupan para petani

Petani adalah salah satu pihak yang berperan penting dalam menyediakan makanan yang dikonsumsi masyarakat setiap hari. Tanpa keberadaan petani maka kita tidak bisa menikmati makanan tersebut. Dengan membeli produk hasil pertanian organik maka kita bisa mendukung kehidupan para petani dan pekerja yang mengolah kebun dengan usaha yang lebih berat demi menjaga kelestarian lingkungan agar kehidupan mereka lebih terjamin.

  1. Mendukung perkembangan ilmu dan teknologi

Untuk menciptakan produk dengan kualitas yang baik dan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan tentunya para ilmuwan berusaha untuk menciptakan benih yang berkualitas dengan cara GMO atau Genetically modified organism dan hal ini tentunya mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menyangkut produksi tanaman.

Jadi sekarang anda tahu alasan-alasan untuk mendukung pertanian organik? Apa anda msih perlu alasan untuk tidak membeli hasil pertanian organik dan mendukungnya?

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *