Memperoleh Manfaat Melinjo Agar Terhindar Dari Asam Urat

Memperoleh Manfaat Melinjo Agar Terhindar Dari Asam Urat

Urbanina.com – Melinjo merupakan salah satu sayuran yang digemari masyarakat. Salah satu makanan yang enak yang terbuat dari melinjo adalah emping melinjo. Saking lezatnya masakan ini, sampai-sampai permintaan dari konsumen meningkat dan membuat produsen emping melinjo ini terus menambah jumlah produksi mereka. Namun, kesukaan pada melinjo diimbangi dengan ketidaksukaan konsumen yang lain karena takut mengakibatkan peningkatkan asam urat yang tidak baik untuk tubuh. Maka, untuk mendapat manfaat melinjo untuk kesehatan tubuh, perlu diketahui bagaimana cara mengkonsumsi sayuran melinjo ini dengan benar.

manfaat melinjo

Agar dapat mendapat manfaat melinjo untuk kesehatan, para konsumen dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi melinjo dalam kadar yang berlebihan melebihi batas konsumsi. Dalam mengkonsumsi melinjo, diperlukan keseimbangan antara konsumsi melinjo dengan konsumsi makanan yang lain.

Adapun kandungan gizi yang terkandung pada melinjo ini terbilang banyak. Menurut para ilmuwan, setiap 100 gram melinjo terkandung Energi 66 kkal, Protein 5 gr, Lemak 0,7 gr, Karbohidrat 13,3 gr, Kalsium 163 mg, Fosfor 75 mg, Zat Besi 3 mg, Vitamin A 1000 IU, Vitamin B1 0,1 mg, serta Vitamin C 100 mg. Dari sekian banyak gizi yang terkandung pada melinjo, tentu terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh tubuh.

  1. Manfaat melinjo memperkuat daya ingat otak

Otak yang baik merupakan otak yang dapat mengingat banyak hal. Dengan kata lain, memiliki daya ingat yang baik. Untuk mendapatkan dya ingat yang baik, tentu diperlukan nutrisi agar dapat memupuk daya ingat tersebut. Nah pohon melinjo ini termasuk tanaman ginko yang dapat mendukung pertumbuhan sel-sel aktif  yang ada pada otak dan darah. Dengan begitu, daya ingat pada otak akan terjaga.

  1. Manfaat melinjo dalam meningkatkan kekebalan tubuh

Selain untuk mempertajam daya ingat, melinjo juga berguna bagi tubuh untuk menambah kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Karena, didalam sayuran melinjo terdapat bahan antioksidan alami. Antioksidan bekerja didalam tubuh sebagai penangkal radikal bebas yang ada pada tubuh sehingga tubuh akan tetap terjaga.

  1. Melinjo dapat mencegah penuaan dini

Ciri-ciri penuaan dini salah satunya adalah pertumbuhan kulit yang tidak normal. Akibatnya kulit menjadi keriput lebih cepat dari yang seharusnya. Hal ini dikarenakan serangan radikal bebas pada tubuh yang tidak terlindungi. Dengan mengkonsumsi melinjo, maka kandungan antioksidan pada melinjo akan membantu melindungi tubuh dari serangn radikal bebas tersebut. Sehingga, tubuh akan terhindar dari penuaan dini.

  1. Melinjo dapat meningkatkan setamina

Melinjo ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk penambah stamina. Hal ini dikarenakan kandungan gizi yang ada pada melinjo itu sendiri. Selain makanan yang bisa mengenyangkan dan rendah kalorinya melinjo memiliki khasiat yang bisa membuat tubuh menjadi bertenaga dan membuat mood menjadilebih menyenangkan.

  1. Dapat memperlancar urin

Saluran air seni bisa saja mengalami penghambatan dikarenakan banyaknya bateri yang menghambat laju urin. Agar mendapat saluran yang lancar, maka dapat dilakukan dengan mengkonsumsi melinjo agar dapat menghilangkan bakeri pada saluran kemih. Atau, menurut pengobatan ternentu telah menyarankan agar menggunakan uap dari melinjo yang telah direbus sebagai obat urin yang tidak lancar.

  1. Mencegah anemia

Penyakit anemia atau kekurangn darah dapat dihindari dengan mengkonsumsi melinjo ini. Hal ini dikarenakan melinjo dapat menjadi nutrisi yang menyediakan sel darah merah. Dengan begitu, sel darah merah akan meningakat pada tubuh dan dapat terhindar dari penyakit anemia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *