Manfaat Wortel, Apakah Hanya Untuk Kesehatan Mata? Tidak!

Manfaat Wortel, Apakah Hanya Untuk Kesehatan Mata? Tidak!

Urbanina.com – Sayuran yang bernama wortel ini sangat popular denga khasiatnya yang dapat menyehatkan mata atau pemglihatan. Hal ini kemudian tidaklah membuat manfaat wortel yang lain menjadi tidak ada. Kalu ditelusuri lagi, ternyata masih banyak manfaaat wortel yang bisa didapat oleh orang yang mau mengkonsumsinya.

Saking populernya wortel sebagai sayuran yang menyehatkan mata, banyak orang yang telah memiliki tanda-tanda mata minus menjadikannya menu utama bahkan secara khusus menjadikan wortel sebagai menu harian yang bersifat harus mereka konsumsi. Hal ini dapat dimaklumi mengingat kandungan vitamin A pada wortel dapat dikatakan banyak. Menurut penelitian, selain banyak mengandung vitamin A, pada wortel juga terkandung banyak akan anti-oksidan, vitamin dan serat, dan hanya mengandung 41 kalori per 100 g. Dengan begitu, wortel rendah lemak dan kolesterol.

manfaat wortel

Wortel yang telah popular di Indonesia ini tenyata dipercaya bukan tanaman yang asli tumbuh di Indonesia. Menurut sejarah, tanaman wortel dulunya berasal dari tempat yang beriklim sedang. Daerah tersebut dapat dijumpai di daerah Asia Timur dan Asia Tengah. Dan sampainya di Indonesia yaitu melalui penyebaran yang melelui Laut Tengah menuju seluruh penjuru dunia. Walau begitu, tanaman wortel masih dapat hidup di daerah yang beriklim tidak sedang asalkan dirawat supaya mendapat suhu dan kelembapan yang dibutuhkan tanaman ini.

Karena sudah popular dengankhasiat menyehatkan mata, terkadang orang-orang lupa bahwa masih ada berbagai manfaat lain dari sayuran ini. Berikut beberapa manfaat yang didapat dari mengkonsumsi sayuran bernama latin Daucus carota L. ini.

  1. Manfaat wortel untuk menjaga kesehatan mata

Merupakan manfaat wortel yang paling popular dikalangan masyarakat. Mata memang membutuhkan nutrisi yang cukup supaya tetap terjaga sehat. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan mata ialah vitamin A, dan pada wortel memang terdapat banyak kandungan vitamin A. Dengan konsumsi wortel yang cukup, maka mata akan memiliki penglihatan yang lebhi tajam, serta tidak mudah terserang penyakit mata seperti katarak dan lain-lain.

  1. Manfaat wortel dapat menyehatkan pencernaan

Manfaat lain yang didapat dari wortel ialah untuk menjaga organ pencernaan agar tetap sehat. Hal ini disebabkan kandungan serat atau fiber pada wortel cukup untuk memperlancar proses pencernaan makanan pada tubuh. Kandungan serat pada wortel akan mampu mengurangi resiko terkena gangguan pencernaan seperti sembelit dan lain sebagainya.

  1. Merawat kesehatan kulit

Kulit juga membutuhkan nutrisi untuk menjaga kesehatannya. Vitamin A yang terkandung pada wortel lah yang membantu merawat kesehatan kulit. Vitamin A yang terkandung pada wortel dapat mencegah kerusakan sel dan bermanfaat untuk kulit saat regenerasi sel baru. Tak hanya itu, vitamin A dapan melindungi kulit dari radiasi ultraviolet, mencegah tumbuhnya jerawat, sampai menghilangkan bercak yang diakibatkan oleh pigmentasi.

  1. Mencegah tumbuhnya sel kanker

Selain sumber vitamin A, wortel juga menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Antioksidan berfungsi untuk tubuh sebagai pelindung masuknya zat yang berbahaya dari luar tubuh. Senyawa falcarinol yang terkandung pada wortel telah teruji dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Dengan tidak tumbuhnya sel kanker, maka kekhawatiran akan penyakit kanker dapat dihindari.

  1. Mengontrol kadar kolesterol pada tubuh

Hal ini diyakini karena kandungan pada wortel yang berupa serat dan magnesium. Kedua zat tersebut dapat mengontrol kadar kolesterol pada tubuh agar menjadi seimbang. Dengan begitu para konsumen sayuran wortel akan terhindar dari penyakit diabetes yang tak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *