Manfaat WheatGrass Yang Dapat Diperoleh Tubuh

Manfaat WheatGrass Yang Dapat Diperoleh Tubuh

Urbanina.com – Wheatgrass atau rumput gandum, adalah salah satu tanaman yang cukup popular akhir-akhir ini. Meskipun tanaman ini sudah masuk Indonesia sejak lama, tapi masyarakat baru mengenalnya beberapa tahun ini. Dikenal sebagai tanaman sehat yang diasa dikonsumsi sebagai jus, wheatgrass memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Wheatgrass atau rumput gandum kaya akan Vitamin A, C, E zat besi, kalsium, protein dan serat yang menjadi alasan mengapa tanaman ini banyak digemari. Meskipun demikian, zat yang sebenarnya berperan penting dalam wheatgrass adalah klorofil atau zat hijau daun yang terkandung didalamnya. Untuk mengetahui apa saja manfaat wheatgrass, simak penjelasannya berikut ini

manfaat wheatgrass

  1. Manfaat wheatgrass mengobati penyakit kulit

Meskipun belum dibuktikan secara ilmiah, wheatgrass atau rumput gandum diyakini dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti psoriasis dan eksim. Cara menggunakannya juga cukup mudah hanya dengan membekukan jus wheatgrass hingga menjadi es batu kemudian es tersebut dioleskan pada kulit yang bermasalah.

  1. Manfaat wheatgrass membantu mengurangi berat badan

Wheatgrass rendah kalori sehingga baik digunakan dalam masa diet yakni hanya 120 kalori per 100gramnya. Selain itu wheatgrass juga mengandung selenium yang dapat memperbaiki fungsi kelenjar thyroid yang merupakan kelenjar pengatur berat badan dan hal ini sudah dibuktikan dalam suatu penelitian bahwa wheatgrass efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Serat yang terkandung dalam wheatgrass dapat mengurangi rasa lapar berlebih dan mengurangi rasa ingin ngemil.

  1. Manfaat wheatgrass membantu proses detoksifikasi

Setiap hari tubuh terpapar banyak racun dan wheatgrass atau rumput gandum bisa membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh atau yang dikenal dengan proses detoksifikasi. Nutrisi dan kondisi wheatgrass yang cenderung basa didalam tubuh mampu meningkatkan proses detoksifikasi dalam tubuh yang dilakukan oleh organ hati dengan lebih baik.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berdasarkan berbagai penelitian, wheatgrass dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit seperti flu, demam dan penyakit lain yang timbul akibat paparan virus atau bakteri. Hal ini karena wheatgrass mengandung senyawa aktif yang bisa meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh dan merangsang sistem imun agar dapat bekerja dengan lebih baik.

  1. Melancarkan pencernaan

Percernaan adalah salah satu sistem yang penting dalam tubuh. Menjaga sistem pencernaan agar tetap berfungsi dengan baik adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Wheatgrass atau rumput gandum kaya akan serat dan dapat membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Tidak hanya itu kandungan Vitamin B dalam wheatgrass juga mampu meningkatkan proses metabolism dalam tubuh sehingga sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang diet.

  1. Mengobati dan mencegah arthritis

Arthritis atau penyakit radang sendi adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh abnormalitas sistem imun dalam tubuh. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada daerah persendian seperti lutut. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam jurnal  International Journal of Pharmaceutical Sciences and Drug pada tahun 2012, disebutkan bahwa wheatgrass adalah salah satu makanan berserat yang bisa membantu mengobati dan mencegah arthritis secara signifikan.

  1. Mencegah kanker

Wheatgrass atau rumput gandum kaya akan senyawa antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan seperti yang kita ketahui zat antioksidan adalah salah satu senyawa penting yang berfungsi menangkal paparan radikal bebas yang merupakan penyebab kanker. Dalam wheatgrass juga terkandung enzim yang bisa mengurangi racun akibat radiasi dan membunuh sel penyebab kanker dalam tubuh. Mengkonsumsi jus wheatgrass setiap hari sangat efektif dalam mengurangi resiko kanker terutama kanker saluran pencernaan dan kelenjar.

Selain manfaat-manfaat tersebut, diketahui bahwa wheatgrass dapat membantu mengatasi masalah kulit yang terbakar matahari, depresi, mencegah penuaan, mengurasngi rasa sakit saat menstruasi, meningkatkan kesuburan dan lain sebagainya. Sebaiknya jus wheatgrass dikonsumsi jika perut dalam keaadaan kosong karena bila dikonsumsi bersama makanan lain bisa menyebabkan rasa mual berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *