Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Urbanina.com - Siapa pun tentu kenal dengan terong. Sejak usia anak-anak sampai dewasa pernah menyantapnya. Buah yang  memiliki bentuk lonjong ini sering dijadikan olahan, baik terong goreng, terong sambal atau sayur lodeh. Rasanya agak gurih dan cukup enak. Tetapi banyak yang belum mengetahui kalau nyatanya terong mempunyai banyak khasiat yang baik sekali bagi kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaat terong ungu untuk kesehatan dan kecantikan? Di balik manfaat terong ungu yang menakjubkan, terong ini memiliki kandungan beragam nutrisi yang amat dibutuhkan oleh tubuh. Terong memiliki kandungan folat, triptophan, vitamin A, B, C, E, K, dan serat. Berbagai mineral seperti kalium, fosfor, mangan, magnesium, kalsium, dan tembaga dapat kita temui pada sayuran ini. Berbagai senyawa itu amat penting dan diperlukan oleh tubuh walau dalam jumlah yang kecil. Manfaat Terong Ungu untuk Kesehatan dan Kecantikan [ ] Disamping mineral dan vitamin, terong juga memiliki kandungan senyawa nasunin, yakni senyawa antioksidan yang ditemui pada bagian kulit terongnya. Untuk vitamin B-nya sendiri lebih istimewa lagi karena mengandung tiamin (B1), riboflavin (B2) dan niacin (B3). Vitamin-vitamin itu larut dalam air dan mempunyai banyak khasiat untuk tubuh. Berikut ini 5 manfaat terong ungu untuk kesehatan dan kecantikan :
  1. Menyehatkan Jantung
Terong bisa membantu melindungi kesehatan jantung sebab kandungan kaliumnya. Kalium bisa menstabilkan detak jantung dan menghindari retensi cairan serta akhirnya penyakit jantung koroner pun bisa dihindari.
  1. Menu Sehat Vegetarian
Sebagai vegetarian, sedikit menu yang dapat dijadikan pilihan untuk mencukupi keperluan nutrisi tubuhnya. Dengan bermacam-macam kandungan gizi yang lumayan banyak, terong ungu bisa digunakan oleh mereka supaya tubuh tidak kekurangan gizi.
  1. Meningkatkan Fungsi Otak
Kandungan fitonutrien dan nutrisi berbentuk nasunin pada terong bisa memelihara membran sel saraf dan otak sehingga bisa luput dari kerusakan lantaran radikal bebas. Disamping itu pun bisa memfasilitasi proses kirim pesan antar sel saraf. Dengan demikian fungsi otak akan bertambah. Otak pun menjadi lebih gampang digunakan untuk berpikir.
  1. Menurunkan Berat Badan
Tubuh yang melar tidak cuma mengurangi penampilan tubuh dan kecantikan, tetapi menjadi sumber beragam penyakit untuk tubuh. Sayangnya, sulit sekali untuk mengurangi berat badan bila telah terlanjur gemuk. Guna mengatasinya dapat dicoba dengan mengonsumsi terong secara teratur. Terong ungu memiliki kandungan serat dan rendah kalori sehingga dapat mengikat lemak dan membuangnya bersama feses.
  1. Melancarkan Pencernaan
Bila Anda menderita kesulitan BAB (buang air besar), cobalah untuk mengonsumsi terong. Kandungan seratnya akan membantu proses pencernaan jadi lebih lancar sehingga BAB pun bukanlah lagi masalah. Demikianlah tulisan mengenai manfaat terong ungu yang dapat urbanina sajikan. Mudah-mudahan keterangan informasi diatas bisa memberikan wawasan baru dan bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *