Manfaat Tanaman Kale, Kebaikan Untuk Tubuh

Manfaat Tanaman Kale, Kebaikan Untuk Tubuh

Urbanina.com – Tanaman kale adalah salah satu sayuran sehat yang memiliki banyak zat gizi meskipun sayuran ini belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sayuran ini bisa ditemukan di pasar swalayan dengan harga yang cukup tinggi, akan tetapi sayuran ini ternyata juga dapat dibudidayakan dengan metode hidroponik dan metode tanam lainnya di Indonesia sehingga tanaman ini bisa diperoleh dengan harga yang lebih terjangkau karena dapat menekan ongkos impornya, dan mendapat manfaat tanaman kale nya.

manfaat tanaman kale

Kale atau Brassica oleraceae var adalah salah satu tanaman jenis kubis yang masih satu famili dengan kol, brokoli, kembang kol, dan lainnya. Kandungan nutrisi kale digadang-gadang sebagai yang paling lengkap diantara jenis sayuran lainnya. Kale mengandung serat, protein, vitamin dan mineral dengan kadar yang cukup tinggi. Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam kale diantaranya vitamin C, vitamin K, vitamin B1, Vitamin E, mangan, potassium, kalsium dan magnesium. Selain vitamin dan mineral tersebut kale juga mengandung senyawa fitokimia dan antioksidan yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat sayuran kale dapat disimak dalam penjelasan berikut ini

  1. Manfaat tanaman kale menurunkan kolesterol

Kale mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu mengurangi kolesterol. Selain itu kale juga mengandung senyawa bile acid sequestrant yang dapat membantu organ hati dalam mengikat asam lemak jahat dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus kale selama beberapa hari berturut-turut dapat menurunkan level lemak jahat dalam tubuh atau yang dikenal dengan istilah LDL (Low density lipoprotein).

  1. Manfaat tanaman kale mencegah kanker

Kale adalah salah satu superfood yang diklaim memiliki antioksidan dalam kadar yang tinggi. Antioksidan dalam kale seperti Sulforaphane dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan mencegah terjadinya kanker.

  1. Mencegah sariawan

Tidak hanya kaya serat dan antioksidan, kale mengandung vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C dapat mencegah sariawan dan menjaga daya tahan tubuh.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kale mengandung vitamin A dan Beta Karoten yang merupakan zat penting yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Kale dapat dikombinasikan dengan sayuran atau buah lain sebagai jus yang dapat dikonsumsi setiap hari. Selain mengandung vitamin A dan Beta karoten, kale juga mengandung zeaxanthin dan Lutein yang dapat mencegah kerusakan pada mata.

  1. Mencegah anemia

Anemia adalah gejala gangguan tubuh yang muncul karena tubuh kekurangan zat besi. Zat besi adalah mineral yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah merah yang berperan dalam transport oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika tubuh kekurangan sel darah merah maka tubuh bias mengalami anemia. Kale mengandung zat besi dalam kadar tinggi sehingga dapat membantu tubuh mengatasi dan mencegah anemia.

  1. Mencegah peradangan

Kale mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mencegah peradangan atau inflamasi dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai macam faktor.

  1. Menjaga kepadatan tulang

Sayuran berdaun hijau seperti kale mengandung jumlah kalsium yang lebih tinggi dari susu sapi. Kalsium tersebut berperan penting dalam mencegah berkurangnya massa tulang sekaligus menjaganya tetap kuat dan padat. Mengkonsumsi kale setiap hari dapat membantu tubuh terhindar dari osteoporosis.

  1. Mencegah diabetes

Dewasa ini banyak orang mengidap penyakit diabetes dan penyakit ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat maupun karena faktor genetis. Tanaman kale mengandung asam alpha lipoic yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar glukosa dalam tubuh.

Demikian beberapa manfaat tanaman kale yang dapat diketahui. Tertarik untuk mencobanya? cobalah cek swalayan yang ada di daerah anda atau jika tidak, anda bias menanamnya sendiri di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *