Manfaat Semangka, Buah Yang Lezat dan Menyehatkan

Manfaat Semangka, Buah Yang Lezat dan Menyehatkan

Urbanina.com – Semangka adalah buah yang cukup populer di masyarakat pada umumnya. Buah ini selain memiliki rasa yang nikmat, buah semangka banyak dikonsumsi karena memiliki segudang manfaat. Manfaat semangka yang banyak diketahui umum adalah sebagai pencegah penyakit dehidrasi. Iya, penyakit dehidrasi sangat tidak diinginkan karena bila semakin parah, akan dapat mengganggu organ lain yaitu ginjal. Sehingga, buah ini juga merupakan salah satu buah yang digemari masyarakat.

manfaat semangka

Oh iya, semangka dapat menghindarkan penyakit dehidrasi dikarenakan semangka memiliki banyak kandungan air didalamnya. Banyaknya air pada buah semangka akan masuk kedalam tubuh dan membuat kebutuhan air untuk tubuh dapat dipenuhi. Selain kandungan air yang banyak, semangka memiliki kandungan gizi yang juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Seperti yang telah dibuktikan oleh para ilmuwan, pada setiap 100 gram semangka, terdapat Kalium 319 mg, Fosfor 31 mg, Magnesium 30 mg, Kalsium 19 mg, Sodium 2,9 mg, Zat Besi 0,98 mg, Selenium 1,2 mcg, Mangan 0,112 mg, Tembaga 0,15 mg, Seng 0,32 mg, Vitamin A 1630 IU, Tiamin 0,092 mg, Riboflavin 0,09 mg, Niasin 0,521 mg, Folat 9 mcg, Asam Pantotenat 0,654 mg, Vitamin B6 0,123 mg, Vitamin C 23,4 mg, Vitamin E 0,15 mg, Vitamin K 0,4 mcg, Protein 1,74 g, serat 1,9 g, Kalori 85 kalori.

Banyaknya kandungan gizi pada semangka membuat manfaat yang didapat oleh tubuh juga banyak. Berikut ulasannya.

  1. Manfaat semangka mengatasi sembelit

Selain kadar air yang tinggi, semangka juga memiliki kadar serat yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk usus dalam membantu proses pencernaan makanan. Makanan yang dicerna dengan lancar juga sekaligus melancarkan proses buang air besar. Dengan begitu, sembelit dapat dihindarkan.

  1. Manfaat semangka dalam menurunkan tekanan darah

Tingginya tekanan darah dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia. Untuk mengobatinya, diperlukan upaya agar tekanan darah menjadi normal. Dan dengan buah semangka ini bisa menjadi salah satu makanan yang dapat menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, kebanyakan penderita hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi buah semangka ini.

  1. Manfaat semangka dalam mencegah kanker

Buah semangka memiliki zat yang diperlukan untuk mencegah penyakit kanker. Vitamin C dan zat licopen lah yang memiliki peranan penting itu. Kedua zat tersebut dapat berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas, sehingga sangat baik untuk melindungi tubuh dari tumbuhnya sel kanker.

  1. Mencegah penyakit asma

Munculnya penyakit asma dapat diketahui melalui gejala awal penyakit asma. Meski tak bisa menyembuhkan asma, semangka dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah gangguan pada organ pernapasan.

  1. Untuk mencegah nyeri otot

Semangka merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi setelah melakukan olahraga. Karena, kandungan asam amino citruline yang ada pada semangka memiliki kegunaan untuk membuat otot lebih lemas atau santai yang dapat meredakan ketegangan otot.s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *