Manfaat Seledri Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat Seledri Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Urbanina.com – Seledri adalah salah satu tanaman herbal yang biasa dimanfaatkan dalam memasak dan tentunya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan sayuran yang satu ini. Selain menambah rasa gurih dan nikmat pada masakan, daun seledri juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan karena mengandung banyak zat gizi terutama vitamin, mineral dan antioksidan. Beberapa zat gizi penting yang terkandung dalam seledri antara lain Vitamin A, vitamin B, Vitamin K dan Vitamin C serta Vitamin E. Tidak hanya kaya akan vitamin, seledri juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh diantaranya kalsium, fosfor, kalium dan lain sebagainya. Berikut ini dijelaskan manfaat seledri bagi kesehatan jika rutin dikonsumsi.

manfaat seledri

  1. Membersihkan ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah dan membentuk urine. Apabila fungsi organ ginjal terganggu maka akibatnya bisa sangat fatal terutama jika mengalami gagal ginjal. Meskipun demikian, anda tidak perlu khawatir karena dengan mengkonsumsi jus seledri secara rutin minimal seminggu sekali anda dapat menjaga fungsi organ ginjal serta membantu kerja ginjal agar lebih ringan.

 

  1. Manfaat seledri menurunkan kolesterol

Kolesterol adalah musuh yang bersembunyi dalam tubuh dan dapat menyebabkan masalah sewaktu-waktu. Kolesterol yang masuk ke aliran darah dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke. Seledri kaya akan serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah sekaligus mencegah timbulnya plak dalam dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan atherosklerosis.

 

  1. Manfaat seledri menyuburkan rambut

Rambut adalah mahkota terutama bagi wanita, dan jika ingin memiliki rambut yang lebat dan hitam anda dapat menggunakan daun seledri. Cukup dengan menumbuk daun seldri hingga halus dan oleskan ke kepala dan rambut selama beberapa menit. Masker seledri juga efektif digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

 

  1. Menjaga kesehatan mata

Seledri mengandung vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel mata. Tidak hanya itu, seledri juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal efek radikal bebas dan mencegah penyakit penurunan fungsi mata atau yang disebut age macular degeneration.

 

  1. Meredakan batuk

Siapa sangka jika sayuran yang satu ini dapat membantu meredakan batuk yang mengganngu. Anda dapat menghaluskan daun seledri dan menambahkan air hangat kemudian menyaringnya. Air sari daun seledri ini dapat dikonsumsi untuk meredakan batuk sekaligus mencegah batuk menjadi lebih parah.

 

  1. Menjaga kepadatan tulang

Salah satu ciri tubuh yang sehat adalah memiliki tulang yang kuat. Daun seledri mengandung kalsium yang dapat membantu menjaga kepadan tulang dan mencegah osteoporosis. Menambahkan seledri pada masakan sehari-hari dapat menambah kadar kalsium pada makanan. Selain dikonsumsi bersama makanan lainnya,

 

  1. Mengobati rematik

Penyakit rematik adalah salah satu penyakit yang menyerang otot dan persedian yang disebabkan oleh akumulasi asam urat dalam tubuh. Penyakit ini menyebabkan seseorang akan kesulitan bergerak atau beraktifitas karena rasa sakit yang ditimbulkan. Namun jangan khawatir karena anda tidak perlu repot mencari obatnya karena ternyata daun seledri juga berkhasiat mengobati dan mengurangi rasa sakit akibat rematik. Cukup dengan mengkonsumsi jus seledri setiap hari, penyakit rematik dan rasa sakitnya akan berkurang sedikit demi sedikit.

 

  1. Mengatasi anemia

Jika anda menderita penyakit anemia atau penyakit kurang darah, anda dapat mencoba mengkonsumsi jus seledri yang dicampur madu setiap hari. Seledri mengandung zat besi yang dapat membantu tubuh mengembalikan kadar sel darah merah yang normal dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang anemia.

 

Manfaat-manfaat seledri tersebut memang menakjubkan namun jika anda ingin mendapatkan seledri segar setiap hari, anda bisa mencoba menanamnya dengan metode hidroponik maupun aquaponik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *