Manfaat Sayuran Wortel Dalam Menutrisi Tubuh

Manfaat Sayuran Wortel Dalam Menutrisi Tubuh

Urbanina.com – Siapa yang tidak kenal tanaman sayur yang satu ini. Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang paling familiar dan dapat diolah menjadi berbagai masakan dari jus sayuran hingga kue. Wortel atau yang nama ilmiahnya Daucus carota adalah tanaman sayur yang tumbuh sebagai umbi yang berasal dari pertumbuhan akar. Selain kaya akan serat, wortel mengandung berbagai macam zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantara manfaat sayuran wortel yang dapat diketahui adalah sebagai berikut :

manfaat sayuran wortel

  1. Manfaat sayuran wortel menjaga kesehatan mata

Orangtua selalu bilang pada anak-anaknya bahwa wortel baik untuk mata. Faktanya sayuran wortel memang baik untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan. Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten yang merupakan senyawa yang dibutuhkan untuk menjaga struktur sel batang dan sel konus dalam retina mata. Vitamin A yang terkandung dalam wortel juga akan sangat membantu untuk melihat dalam kegelapan. Penelitian menunjuikkan bahwa rutin mengkonsumsi wortel setiap hari dapat menurunkan resiko Age Macular Degeneration atau kerusakan mata hingga 40%.

  1. Manfaat sayuran wortel mencegah kanker

Selain menjaga kesehatan mata, wortel juga dapat membantu mencegah penyakit mematikan seperti kanker. Wortel sudah terbukti secara ilmiah mampu mencegah penyakit kanker seperti kanker payudara dan kanker paru-paru. Senyawa falcarinol yang terkandung dalam wortel yang merupakan senyawa pembasmi jamur, musuh tanaman wortel ternyata dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan mengurangi resiko kanker hingga 60%.

  1. Manfaat sayuran wortel memperlambat penuaan

Senyawa beta karoten yang terkandung dalam wortel tidak hanya dapat mencegah kerusakan dan melindungi fungsi mata. Beta karoten tersebut dapat mencegah paparan radikal bebas yang merupakan penyebab utama sel yang menua. Jadi jika anda ingin memiliki kulit dan organ tubuh yang sehat, rutinlah mengkonsumsi wortel setiap hari.

  1. Mengatasi kulit yang terbakar

Salah satu fungsi wortel yang jarang diketahui adalah kemampuannya untuk menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Vitamin A yang terkandung dalam wortel dapat mengurangi peradangan pada kult. Tidak hanya itu, wortel juga dapat mengatasi masalah jerawat, mencegah terjadinya keriput di kulit dan menjaga kelembaban kulit. Setelah seharian berada diluar ruangan tidak ada salahnya jika menggunakan masker wortel pada wajah dan tubuh anda untuk mengembalikan kesegarannya.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Serat yang terkandung dalam wortel dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh yang merupakan salah satu faktor resiko penyebab penyakit jantung. Wortel juga mengandung alpha karoten dan lutein yang dapat menjaga kesehatan jantung dan tetap dapat berfungsi dengan normal.

  1. Mencegah terjadinya infeksi

Jika anda memiliki luka potong atau teriris pisau dan anda tidak memiliki antiseptic dirumah, anda dapat menggunakan irisan, potongan atau wortel yang telah diparut dan dioleskan pada luka tersebut. Antioksidan dan mineral yang terjkandung dalam wortel mampu mencegah infeksi dan luka bertambah parah.

  1. Membesihkan racun dari dalam tubuh

Wortel dapat membantu tubuh mengeluarkan racun yang tersembunyi di dalamnya. Mengkonsumsi wortel secara rutin dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dengan mengeluarkan racun dari dalam usus besar.

  1. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Siapa sangka, mengunyah wortel dapat membantu membersihkan plak dan kotoran yang menempel di rongga mulut. Wortel mampu mengikis plak yang menempel pada gigi sekaligus mencegah akumulasi bakteri  yang menyebabkan gigi berlubang dan nafas tidak sedap.

Itulah beberapa manfaat sayuran wortel yang dapat diketahui dan setelah mengetahui manfaat tersebut, jangan ragu untuk mengkonsumsinya setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *