Manfaat Sayuran Paprika Yang Beragam Untuk Tubuh

Manfaat Sayuran Paprika Yang Beragam Untuk Tubuh

Urbanina.com – Paprika atau yang dalam bahasa ilmiah dikenal dengan nama Capsicum annuum L adalah salah satu jenis cabai yang banyak ditemui dibeberapa macam masakan khususnya masakan barat. Di Indonesia sendiri paprika belum banyak digunakan karena masakan khas Indonesia tidak menggunakan jenis cabai yang satu ini. Meskipun demikian tetap saja paprika layak dijadikan sebagai salah satu pelengkap masakan yang dapat dinikmati salah satunya dalam bentuk tumisan atau salad. Paprika yang tingkat kepedasannya tidak sepedas cabai merah atau cabai rawit ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh. Paprika juga mengandung zat gizi yang dapat menjaga vitalitas tubuh. Manfaat sayuran paprika tersebut antara lain :

manfaat sayuran paprika

  1. Membantu menurunkan berat badan

Saat diet seseorang harus dapat mengendalikan konsumsi kalori dan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Paprika mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh. Selain itu, paprika juga merupakan makanan rendah kalori dimana satu mangkuk paprika hanya mengandung sekitar 45 kalori. Jadi jika anda sedang berdiet, tidak ada salahnya mengkonsumsi paprika.

  1. Mencegah kanker

Paprika mengandung senyawa antioksidan dan vitamin C yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Jenis paprika yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi adalah paprika merah. Selain dapat menangkal efek radikal bebas pencegah kanker, vitamin C juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.

  1. Meredakan nyeri

Apakah anda sering sakit kepala atau merasakan nyeri pada tubuh? Jika demikian, anda dapat mengkonsumsi paprika secara rutin untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini dikarenakan paprika mengandung senyawa capcaisin yang dapat membantu menekan rasa sakit dan nyeri yang terjadi di dalam tubuh akibat peradangan atau faktor lainnya.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Telah disebutkan sebelumnya bahwa paprika mengandung vitamin C yang dapat menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan, tak terkecuali sel kulit. Vitamin C yang terkandung dalam paprika juga mmapu merangsang produksi kolagen yang merupakan senyawa yang menjaga elastitisitas dan kekencangan kulit.

  1. Menjaga fungsi mata

Meski kandungan vitamin A pada paprika tidak sebanyak sayuran lain seperti wortel, vitamin A yang terkandung dalam paprika dapat membantu memenuhi kebutuhan Vitamin harian serta mampu menjaga organ mata agar dapat berfungsi dengan baik.

  1. Meningkatkan kuantitas sperma

Siapa sangka, mengkonsumsi paprika secara rutin dapat membantu mengatasi masalah rendahnya kuantitas sperma pada pria. Paprika mengandung senyawa likopen yang dapat merangsang produksi sperma dalam tubuh sehingga tidak heran buah yang satu ini bisa meningkatkan jumlah sperma jika dikonsumsi secara teratur.

  1. Manfaat sayuran paprika menyuburkan rambut

Ektrak paprika ternyata dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan akar rambut dan hal ini telah terbukti secara ilmiah. Mengkonsumsi paprika secara rutin dapat menjaga kesuburan dan kesehatan rambut.

  1. Manfaat sayuran paprika mencegah diabetes

Senyawa capcaisin yang terkandung dalam paprika ternyata tidak hanya bermanfaat untuk meredakan nyeri akan tetapi juga dapat mencegah penyakit metabolism seperti diabetes. Seperti yang kita ketahui, diabetes adalah salah satu penyakit yang perlu diwaspadai saat ini. Mengkonsumsi paprika secara rutin dapat membantu tubuh mengendalikan kadar gula normal dalam darah serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Setelah mengetahui manfaat sayuran paprika tersebut tentunya anda sudah tidak ragu lagi utuk menambahkan paprika pada menu makan sehari-hari. Meskipun setiap jenis paprika memiliki rasa, tekstur dan kandungan gizi yang berbeda, anda dapat memilih mana jenis paprika yang anda sukai untuk dikonsumsi sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *