Manfaat Sayuran Kentang Penting Untuk Kesehatan

Manfaat Sayuran Kentang Penting Untuk Kesehatan

Urbanina.com – Kentang adalah salah satu sayuran yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, tidak hanya untuk memasak melainkan untuk merawat kecantikan tubuh. Para wanita tentunya sudah tidak asing lagi dengan manfaat sayuran kentang ini. Tanaman kentang atau Solanum tuberosum adalah salah satu tanaman yang termasuk dalam family Solanaceae atau suku terung-terungan dan masih satu keluarga dengan tanaman tomat dan cabai. Kentang mengandung beberapa zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

manfaat sayuran kentang

Di luar negeri, kentang biasa dikonsumsi sebagai makanan pokok sementara di Indonesia, kentang lebih banyak diolah sebagai lauk atau makanan pendamping. Baik dikonsumsi sebagai makanan pokok maupun makanan pendamping, kentang tetap memiliki manfaat tersendiri. Umbi kentang mengandung berbagai zat besi diantaranya karbohidrat, protein, fosfor, zat besi, lemak nabati, kalsium dan mineral lainnya. Diantara manfaat sayuran kentang yang dapat diketahui antara lain

  1. Manfaat sayuran kentang memberi pasokan energi

Kentang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi sehingga dapat dikonsumsi untuk menambah energi. Oleh sebab itu kentang yang mengandung karbohidrat kompleks lebih banyak dikonsumsi sebagai makanan pokok di luar negri sebagai pengganti nasi. Dalam 100 gram kentang terkandung 77 kalori yang cukup untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

  1. Manfaat sayuran kentang mencegah kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh pola hidup tidak sehat dan konsumsi makanan yang mengandung zat tambahan atau zat adiktif. Kentang mengandung Vitamin B6 yang merupakan salah satu antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat pengaruh radikal bebas yang menyebabkan kanker. Berdasarkan penelitian, kentang dapat menurunkan resiko kanker prostat dan kanker rahim secara signifikan.

  1. Menurunkan kolesterol

Kentang yang dioleh tanpa minyak dengan cara direbus atau dikukus dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh yang dapat berakibat buruk pada jantung. Selain itu kentang mengandung senyawa potassium yang dapat menjaga fungsi normal jantung dan pembuluh darah.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Dalam kentang terkandung mineral seperti kalsium, magnesium dan zat besi yang dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang. Kentang dapat memenuhi asupan kalsium harian dalam tubuh dan jika dikonsumsi secara rutin, kentang dapat mencegah kerusakan pada tulang seperti osteoporosis.

  1. Mencegah hipertensi

Kentang sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kentang mengandung senyawa kalium yang dapat menurunkan tekanan darah dan melawan efek natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

  1. Mempertahankan proses metabolisme

Dalam tubuh terjadi hampir ribuan reaksi metabolism untuk menghasilkan energi dan membentuk hormone atau enzim yang dibutuhkan dalam proses tertentu. Kentang mengandung vitamin B6 yang merupakan salah satu senyawa yang dibutuhkan dalam proses enzimatik. Tanpa keberadaan vitamin ini, tubuh tidak dapat melakukan metabolism dengan sempurna.

  1. Mengatasi jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering membuat kita kesal. Jerawat yang mucul pada wajah dapat diatasi dengan menggunakan masker yang terbuat dari kentang segar yang dihaluskan. Oleskan masker kentang tersebut pada wajah secara rutin untuk menghilangkan jearwat sekaligus mencerahkannya.

  1. Menghilangkan kantung mata

Tidak hanya efektif mengatasi jerawat, kentang juga dapat mengatasi mata lelah atau mata panda akibat kelelahan atau kurang tidur. Mudah saja, anda hanya perlu meletakkan potongan kentang pada bagian bawah mata selama beberapa jam sebelum tidur.

Demikian beberapa manfaat kentang yang bisa diketahui. Jadi anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi kentang setiap hari. Kentang sebaiknya diolah dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dicampurkan pada sup untuk mengurangi penggunaan minyak dan tentunya agar lebih sehat. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *