Manfaat Sayuran Jamur Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayuran Jamur Bagi Kesehatan Tubuh

Urbanina.com – Jamur adalah salah satu jenis panganan nabati yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat saat ini. Berbagai macam jamur dapat menjadi alternatif lauk pauk pengganti sumber protein hewani terutama bagi mereka yang sedang dalam program diet dan tidak mengkonsumsi daging. Jenis jamur yang banyak dikonsumsi masyarakat antara lain jenis jamur tiram, jamur merang, jamur kancing, jamur shitake dan lain sebagainya. Selain kaya serat, jamur mengandung zat gizi terutama protein yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya enak disantap jamur juga bisa dijadikan bahan obat-obatan. Dahulu kala bangsa Yunani dan Romawi terbiasa mengkonsumsi jamur terutama sebelum pergi berperang. Lalu apa saja manfaat sayuran jamur bagi kesehatan? Simak manfaat sayuran jamur berikut ini.

manfaat sayuran jamur

  1. Membantu mengurangi berat badan

Anda yang sedang dalam program diet dan menghindari konsumsi lemak yang berlebih bisa mengkonsumsi jamur untuk memenuhi asupan nutrisi terutama protein yang diperlukan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, membentuk enzim metabolisme, hormon, dan lain sebagainya. Jamur adalah salah satu makanan rendah kalori dan serat yang terkandung didalamnya dapat memberikan rasa kenyang serta menahan lapar lebih lama.

  1. Manfaat sayuran jamur mencegah diabetes

Fakta lainnya menyebutkan bahwa jamur dapat membantu mencegah penyakit diabetes yang saat ini banyak diderita baik di Indonesia maupun di dunia. Jamur mengandung senyawa insulin alami yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu gula yang terkandung dalam jamur juga merupakan gula atau karbohidrat kompleks yang lebih sehat. Oleh sebab itu jamur sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap normal.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat atau yang dikenal dengan istilah Low Density Lipoprotein atau LDL adalah jenis kolesterol yang berbahaya bagi kesehatan terutama bagi jantung dan pembuluh darah. Kolesterol dapat masuk kedalam dinding pembuluh darah dan menyebabkan pengerasan arteri serta meningkatkan resiko penyakit jantung. Jamur mengandung serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dalam tubuh.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Jamur yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jamur mengandung potassium, mineral yang dapat membantu menjaga fungsi normal jantung dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Siapa sangka jika jamur ternyata mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup tinggi dan dapat memenuhi asupan kalsium dalam tubuh. Kalsium diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis yang biasanya terjadi pada usia lanjut.

  1. Menjaga kesehatan hati

Mengkonsumsi jamur secara rutin dapat membantu organ hati untuk menetralkan racun dari dalam tubuh atau berperan dalam proses detoksifikasi. Karena hal itulah produsen obat-obatan herbal saat ini banyak menggunakan jamur sebagai bahan dasar obat-obatan termasuk suplemen untuk mendetoksifikasi tubuh.

  1. Mencegah infeksi

Masalah infeksi sering terjadi dalam tubuh akibat paparan mikroorganisme seperti bakteri. Jamur mengandung senyawa antibakteri dan juga senyawa aktif lainnya yang dapat membantu mengatasi infeksi yang terjadi dalam tubuh terutama dalam saluran cerna. Selain itu jamur juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh dan meningkatkan perlindungan terhadap bibit penyakit yang masuk ke dalam perut.

Demikian beberapa manfaat sayuran jamur yang bisa diketahui. Jamur dapat diolah menjadi berbagai masakan tapi ada baiknya jika diolah secara sehat dan mengurangi penggunaan minyak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *