Manfaat Sayuran Brokoli Bagi Kesehatan

Manfaat Sayuran Brokoli Bagi Kesehatan

Urbanina.com – Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang cukup populer saat ini dan biasanya diberikan pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Sayuran brokoli bentuknya mirip dengan sayuran kol maupun kembang kol karena memang tanaman ini masih satu famili dengan tanaman-tanaman tersebut atau termasuk dalam famili brassicaceae. Brokoli nampak seperti kembang kol yang berwarna hijau atau bentuknya seperti pohon. Meskipun rasanya tidak seenak sayuran lain, brokoli yang harganya cukup mahal ini banyak digemari karena mengandung berbagai macam zat gizi. Kandungan gizi brokoli dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat sayuran brokoli yang dapat diketahui antara lain

manfaat sayuran brokoli

  1. Manfaat sayuran brokoli melancarkan pencernaan

Brokoli kaya akan serat pangan yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh. Serat yang terkandung dalam brokoli mampu melancarkan jalannya makanan di dalam saluran pencernaan dan membantu proses pembentukan feses dalam usus besar sehingga tubuh terhindar dari masalah sembelit dan konstipasi atau susah buang air besar

  1. Menurunkan resiko penyakit jantung

Serat yang terkandung dalam brokoli tidak hanya dapat melancarkan pencernaan akan tetapi juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Mengkonsumsi brokoli Setiap hari dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung yang diakibatkan oleh tingginya kadar kolesterol.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Brokoli mengandung senyawa potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan mencegah terjadinya stroke atau pecahnya pembuluh darah dalam otak pada penderita hipertensi.

  1. Menjaga kesehatan mata

brokoli kaya akan vitamin A dan beta karoten yang dapat membantu fungsi organ mata sehingga penglihatan tetap terjaga dengan baik. Mengkonsumsi brokoli secara rutin juga dapat mencegah terjadinya penyakit penurunan fungsi mata atau Age macular Degeneration yang biasanya terjadi pada usia lanjut.

  1. Mencegah kanker

Kanker adalah sesuatu penyakit degenerasi atau penyakit yang terjadi pada tingkat seluler yang menyebabkan sel tumbuh tidak terkendali. Brokoli mengandung senyawa antioksidan seperti isotiosianat dan indole yang dapat mencegah mutasi sel kanker yang diakibatkan oleh efek radikal bebas.

 

  1. Mengobati penyakit maag

Brokoli mengandung senyawa sulphoraphone yang dapat membantu mengatasi masalah maag atau infeksi pada sistem pencernaan. Untuk penderita maag sebaiknya konsumsi brokoli dengan cara direbus sebentar atau ditumis dan sebaiknya hindari mengkonsumsi brokoli dengan cara digoreng.

  1. Menjaga tulang yang kuat

Tulang yang kuat adalah salah satu tanda tubuh yang sehat dan brokoli mengandung kalsium yang dapat membantu menjaga kepadatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis.

  1. Meningkatkan ketebalan tubuh

Sayuran brokoli seperti halnya jenis sayuran lainnya mengandung vitamin C dan zinc yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Tidak heran jika mereka yang rutin memengkonsumsinya memiliki Kekebalan tubuh yang baik dan tidak mudah terserang penyakit.

  1. Mencegah anemia

Anemia adalah suatu gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah dimana sel darah merah kekurangan hemoglobin akibat rendahnya asupan zat besi. Brokoli mengandung zat besi yang dapat membantu mencukupi asupan zat besi yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Mengkonsumsi brokoli secara rutin dapat membantu mengatasi anemia dan mencegah timbulnya gejala anemia.

Demikian beberapa manfaat sayuran brokoli yang dapat diketahui dan setelah mengetahui semua manfaat sayuran brokoli, anda tidak perlu ragu lagi mengkonsumsinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *