Manfaat Sayuran Bayam Untuk Kesehatan

Manfaat Sayuran Bayam Untuk Kesehatan

Urbanina.com – Siapa yang tidak kenal dengan bayam? Sayuran hijau yang satu ini masyarakat sebagai menu sehari-hari. Banyak jenis sayuran berdaun hijau yang dapat dibudidayakan dengan berbagai metode mulai dari sistem tanam konvensional maupun sistem tanam hidroponik dan aquaponik. Menanam bayam dapat dilakukan dengan sangat mudah karena tanaman ini tergolong sebagai tanaman yang mudah tumbuh bahkan jika dibiarkan tumbuh dengan liar. Selain memiliki rasa yang enak bayam juga mengandung berbagai macam zat gizi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti zat besi vitamin A vitamin B kalsium dan zat gizi lainnya. Beberapa manfaat sayuran bayam diantaranya

manfaat sayuran bayam

  1. Mencegah dan mengatasi anemia

 

Anemia adalah salah satu gangguan terjadi pada sistem peredaran darah terutama menyerang sel darah merah dalam tubuh. Gejala anemia diantaranya pusing lemas lesu dan letih Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan zat besi yang digunakan untuk membentuk hemoglobin atau sel darah merah yang berfungsi mengantarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Bayam kaya akan zat besi yang dapat membantu mencegah serta mengatasi anemia. Karena tinggi kandungan zat besi maka sebaiknya bayam segera dikonsumsi setelah dimasak karena solusi tersebut dapat menyebabkan keracunan terutama bila bayam dipanaskan.

 

  1. Mencegah Kanker

 

Tidak hanya kaya akan zat besi bayam juga mengandung senyawa antioksidan dan fitokimia yang berfungsi menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab penyakit kanker. Sebagaimana kita ketahui bahwa penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan yang belum ada obatnya. Penyakit ini terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat dan kurangnya konsumsi serat yang terkandung dalam buah dan sayuran.

 

  1. Melancarkan pencernaan

 

Bayam selalu serat tak larut atau insoluble fiber yang berguna untuk melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Serat yang terkandung dalam bayam akan memudahkan proses pembentukan feses dalam usus besar dan membantu mengeluarkan feses dari dalam tubuh sehingga mengkonsumsi bayam secara rutin dapat membantu mengatasi masalah konstipasi. Meskipun demikian sebaiknya baya dikonsumsi bersama dengan buah atau sayuran lain yang mengandung vitamin C karena sayuran dan buah yang mengandung vitamin C tersebut dapat mempercepat penyerapan besi dan asam oksalat yang terkandung dalam bayam sel mencegah munculnya gas dalam lambung.

 

  1. Memperkuat tulang

 

Tulang adalah salah satu bagian terpenting dalam tubuh dan kita dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk menjaga kepadatan atau massa tulang. Bayam mengandung kalsium yang cukup tinggi dan dapat melindungi tulang dari kerusakan dan kehilangan massa tulang seperti pada penyakit osteoporosis.

 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan antioksidan dan fitonutrien dapat mencegah penuaan khususnya yang terjadi pada kulit. Bayam kaya akan antioksidan serta vitamin E yang dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas. Tidak heran biasanya mereka yang rajin mengkonsumsi buah dan sayur memiliki kulit yang lebih sehat berseri.

 

  1. Menjaga fungsi mata

 

Mengkonsumsi bayam secara rutin dapat membantu menjaga fungsi organ penglihatan atau mata. Bayam mengandung vitamin A yang merupakan komponen penting dalam penyusun sel sel di dalam mata dan tanpa adanya Vitamin A maka fungsi penglihatan bisa terganggu.

 

  1. Meningkatkan daya tahan dan stamina otot

 

Sebuah penelitian yang didasarkan oleh survei yang dilakukan oleh ilmuwan dari Swedia, melaporkan bahwa ternyata orang yang rutin mengkonsumsi bayam akan memiliki otot yang lebih tahan atau resisten terhadap kondisi kekurangan oksigen dan memiliki daya tahan atau stamina otot yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi banyak. Jadi inilah alasan mengapa tokoh kartun Popeye bisa menjadi kuat setelah makan bayam.

Mengkonsumsi bayam memang sangat baik bagi kesehatan namun perhatikan saat proses memasak sebaiknya bayi yang tidak dimasak terlalu lama dan jangan memanaskan masakan yang mengandung bayam karena dapat berakibat buruk bagi kesehatan.

 

Demikian beberapa manfaat sayuran bayam yang dapat diketahui, setelah mengetahui manfaat sayuran bayam tersebut apakah anda tidak ingin mencoba untuk menanam sendiri sayuran yang satu ini di rumah dengan berbagai mecam metode? Tanaman bayam yang ditanam sendiri tentunya lebih bebas dan aman dari bahan kimia yang terkandung dalam pestisida.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *