Manfaat Sawi Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat Sawi Mencegah Berbagai Penyakit

Urbanina.com – Sayuran berdaun hijau adalah salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat karena kandungan gizinya yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang biasa ditanam dengan metode konvensional, hidroponik dan aquaponik adalah sawi hijau atau yang dikenal dengan sebutan caisim. Sawi mengandung vitamin dan mineral seperti Vitamin C, Vitamin E,  flavonoid, karetonoid, kalium, fosfor asam folat dan nutrisi lain yang penting dalam menjaga kebugaran dan kesehatn tubuh. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat sawi, simak penjelasan berikut ini

  1. Manfaat sawi mencegah kanker

Sayuran berdaun hijau kaya akan fitonutrien dan antioksidan yang dapat mencegah munculnya penyakit kanker termasuk sawi. Mengkonsumsi sawi secara rutin dapat menangkal pengaruh radikal bebas yang berasal dari lingkungan dan mencegah terjadinya mutasi atau perubahan pada sel yang memicu terjadinya kanker. Berbagai jenis kanker dapat dicegah dengan konsumsi sawi diantaranya kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus.

manfaat sawi

 

  1. Manfaat sawi mencegah diabetes

Penyakit diabetes sering dihubungkan dengan pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktifitas. Sawi hijau mengandung serat dan nutrisis yang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu kadar glikemiks sawi tergolong rendah sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah meskipun dikonsumsi dalam porsi yang besar.

 

  1. Manfaat sawi melancarkan pencernaan

Sawi kaya akan serat yang dapat membantu proses pencernaan dan melancarkan proses defekasi atau pembentukan feses pada usus besar. Rajin mengkonsumsi sawi dapat mengurangi masalah dalam pencernaan terutama masalah susah buang air besar dan konstipasi serta sembelit.

 

  1. Menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit mematikan yang bisa membunuh siapa saja. Banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit ini seperti kurangnya konsumsi serat dan pola hidup yang tidak sehat. Serat yang terkandung dalam sawi hijau dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang dapat menyumbah pembuluh sekaligus meningkatkan resiko penyakit jantung. Selain itu, serat pada sawi juga mampu mengikat lemak jahat sehingga tidak mudah terserap dalam tubuh dan menyebabkan perlemakan pada organ jantung dan pembuluh.

 

  1. Manfaat sawi menjaga kesehatan kulit

Kulit adalah cerminan kesehatan seseorang dan seseorang yang rajin mengkonsumsi buah dan sayur biasanya memiliki kulit yang sehat. Sawi kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan ngaruh buruk lingkungan yang merusak kulit. Sawi juga dapat memicu poduksi kolagen dalam jaringan kulit sehingga kulit tetap awet muda.

 

  1. Mencegah osteoposis

Osteoosis adalah salah satu gangguan pada tulang dimana massa tulang berkurang dan tulang mengalami pengeroposan,. Osteoporosis biasanya diderita oleh para lansia atau orangtua. Untuk mencegah osteoporosis, konsumsilah sawi setiap hari karena sawi kaya akan kalsium yang dapat menjaga kepadatan tulang.

 

  1. Mencegah cacat pada masa kehamilan

Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi sayuran termasuk sawi hijau memiliki daya tuhan tubuh dan stamina yang lebih baik. Asam folat yang terkandung dalam sawi dapat mendukung perkembangan janin dan mencegah terjadinya cacat pada janin.

 

  1. Membantu menjaga berat badan

Untuk menjaga berat badan serta membantu mengurangi berat badan, anda dapat mengkonsumsi sawi. Sawi hijau kaya akan serat yang dapat melancarkan proses pencernaan dan metabolisme tubuh, menghambat penyerapan lemak dalam darah, dan mambuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Sawi hijau juga rendah kalori sehingga aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak.

 

  1. Mencegah dan mengobati Sariawan

Sariawan seringkali menjadi masalah dirongga mulut. Tidak hanya dengan mengkonsumsi buah saya anda dapat mencegah sariawan, mengkonsumsi sawi juga dapat membantu mencegah sariawan dan mengobatinya. Sawi mengandung vitamin C yang dapat mengurangi peradangan pada rongga mulut sekaligus mencegah pertumbuhan bakteri jahat penyebab sariawan.

 

  1. Mencegah penyakit alzheimer

Sawi kaya akan omega 3 dan fitonutrient yang dapat melindungi sel otak dari kerusakan sekaligus mencegah penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer adalah gangguan mental yang disebabkan oleh kerusakan sel otak sehingga seseorang kehilangan memorinya.  Mengkonsumsi sawi setiap hari dapat menjaga fungsi otak terutama pada usia lanjut yang rentan mengalami alzheimer atau kepikunan.

 

Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan rutin mengkonsumsi sawi setiap hari dan tentunya hal ini akan lebih mudah jika anda menanam sendiri sawi yang anda konsumsi karena selain lebih sehat, rasanya pun akan lebih enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *