Manfaat Pisang Selain Penambah Stamina Para Atlit

Manfaat Pisang Selain Penambah Stamina Para Atlit

Urbanina.com – Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki beragam manfaat untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Hal ini telah banyak dimanfaatkan oleh mereka yang hobi olahraga untuk menambah stamina dan konsentrasi ketika waktunya bertanding. Tak hanya para mereka penggemar olahraga, bahkan para atlit yang bertanding di level internasional pun banyak tidak sedikit yang mengkonsumsi pisang sebagai nutrisi penambah stamina. Manfaat pisang sebagai penambah stamina akhir-akhir ini dibuktikan oleh salah satu atlit pemain bulutangkis asal India, Pusarla V.S. Atlit putri berusia 22 tahun tersebut telah berhasil memenangi kejuaraan bulutangkis kelas dunia di China pada bulan November 2016.

manfaat pisang

Manfaat pisang ternyata tidak hanya sekedar untuk menambah stamina seorang atlit saja. Hal ini tentu telah dibuktikan melalui riset yang dilakukan para ilmuwan. Menurut mereka, pisang memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh. Berdasar penelitian, setiap 125 gram pisang mengandung 110 kalori, Karbohidrat 30 g, Vitamin B6 0,5 mg, Mangan 0,3 mg, Vitamin C 9 mg, Kalium 450 mg,  Serat 3g, Protein 1 g, Magnesium 34 mg, Folat 25.0 mcg, Riboflavin 0,1 mg, Niacin 0,8 mg, Vitamin A 81 IU, serta Besi 0,3 mg. Dengan banyaknya gizi yang terkandung pada pisang, berikut beberapa manfaat pisang yang dapat diperoleh bila mengkonsumsinya.

  1. Manfaat pisang menjaga kesehatan mata

Mata sehat adalah mata yang dapat melihat apa yang ada didepannya dengan jelas. Mata dapat dijaga dengan mengkonsumsi buah pisang. Sejumlah vitamin A yang terkandung pada pisang mampu untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan alpha karoten dan beta karoten dapat bereaksi dan diubah menjadi vitamin A, yang juga bertugas melindungi mata dari resiko kerusakan mata.

  1. Melancarkan perncernaan makanan pada usus

Pisang juga mengandung kadar serat yang cukup banyak. Sehingga, kandungan serat tersebut berperan untuk memperlancar proses pencernaan makanan yang terjadi pada usus. Dengan pencernaan yang lancar, maka orang akan terhindar dari resiko terkena sembelit. Ditambah dengan vitamin C pisang yang juga berguna untuk mencegah inflamasi yang dapat terjadi saat proses tersebut.

  1. Pisang melancarkan peredaran darah

Mengapa pisang dapat melancarkan perdaran darah? Hal ini dikarenakan oleh efek dari zat potasium yang dapat ditemukan pada pisang. Zat tersebut akan dapat membantu mengatur tekanan darah. Denga begitu, rersiko terkena penyakit stroke dapat dihindarkan.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung juga akan menerima efek baik dari buah pisang ini. Karena, dalam pisang terkandung elektrolit kalium yang memiliki peran agar menjaga kesehatan jantung. Kalium yang masuk ke dalam tubuh akan berjalan di sekitar sel-sel tubuh dan membuat detak jantung menjadi normal dan stabil. Apabila seseorang kekurangan kalium, maka jantung akan beresiko memiliki dtak jantung yang tidak stabil dan beresiko mematikan.

  1. Mengobati diare

Buah pisang bisa menjadi buah yang dapat mengobati diare. Terutama dalam hal mengembalikan energi karena lemas ke kamar kecil. Kandungan elektrolit kalium pada pisang berperan aktif untuk mengganti elektrolit yang hilang sehingga tubuh bisa kembali bersemangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *