Manfaat Paprika, Sayuran Yang Imut dan Cantik

Manfaat Paprika, Sayuran Yang Imut dan Cantik

Urbanina.com – Mengapa sayuran paprika imut? Tentu saja karena tampilan yang ditampilkannya begitu lucu dan menggemaskan. Paprika selain memiliki bentuk yang unik, juga memiliki beragam warna. Ada yang berwarna merah, hijau, kuning, serta berwarna oranye. Selain imut, sayuran ini memiliki keunggulan lain yaitu memiliki beragam manfaat. Manfaat paprika sangat baik bila dikonsumsi dengan baik oleh konsumennya. Bagaimana tidak? Sayuran yang satu ini memiliki beragam zat gizi yang sangat membantu memelihara kesehatan tubuh manusia.

manfaat paprika

Lalu, mengapa sayuran imut ini tidak sepopuler buah atau sayur lainnya? Hal ini dikarenakan rasa yang dihasilkan apabila sayuran ini belum diolah adalah rasa kurang enak. Memang dibutuhkan pengolahan yang jeli agar dihasilkan rasa yang pas di lidah setiap orang untuk sayuran yang imut ini. Padahal, dilihat dari cara tanaman paprika hidup, tanaman ini dapat hidup hampir di seluruh tanah Indonesia. Karena sayuran ini mudah tumbuh tanpa tergantung pada iiklim tertentu.

Adapun kandungan gizi yang terkandung pada paprika ini adalah sebagai berikut. Menurut para ahli, pada setiap 100 gramnya terdapat 4.4 gram karbohidrat, 7 mg kalsium, 22 mg fosfor, 4 mg zat besi, 540 IU vitamin A, 22 mg vitamin B1, 160 mg vitamin C, 9 gram protein dan  3 gram lemak. Itu membuat paprika dapat memberi manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Berikut beberapa manfaat paprika yang bisa diperoleh untuk tubuh.

  1. Manfaat paprika untuk kesehatan jantung

Sudah bentuknya imut, sayuran yang satu ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, paprika merupakan makanan yang sangat baik dikonsumsi bagi para penderita tekanan darah tinggi dan penderita gangguan jantung. Untuk yang memiliki penyakit jantung yang sering kambuh, juga dianjurkan untuk mengkonsumsi paprika. Hal ini dikarenakan kandungan sumber gizi mikro yang terdapat pada paprika dapat berefek positif dalam menyembuhkan penyakit jantung secara berangsur-angsur terntunya.

  1. Manfaat paprika juga untuk menangkal penyakit kanker

Salah satu penyakit yang berbahaya bagi kehidupan ini juga dapat dicegah dengan paprika. Kanker dapat tumbuh seiring dengan tumbuhnya sel kanker yang tidak terkendali pada tubuh seseorang. Pada paprika, kadar sulfur, carotenoid, dan enzim akan berperan untuk menjadi zat yang bereaksi sebagai anti kanker atau penangkal tumbuhnya sel-sel kanker. Sehingga, bagi siapapun yang mengkonsumsi paprika maka ia telah menjaga tubuhnya agar tidak terjangkit penyakit membahayakan ini.

  1. Juga sebagai penangkal penyakit katarak pada mata

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka ancaman penyakit yang ia terima juga semakin bertambah. Hal ini dikarenakan tubuh yang sudah tua apabila tidak terjaga akan mudah terjangkit penyakit yang menyerang, salah satunya penyakit katarak. Namun, menurut penelitian kekhawatiran terkena penyakit ini dapat dihilangkan asal mau mengkonsumsi paprika. Karena, dengan mengkonsumsi paprika maka enzim Lutein yang terkandung didalamnya akan bekerja sebagai penagkal penyakit katarak. Sehingga, mata terhindar dari penyakit tersebut.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Selain tiga fungsi besar diatas, paprika juga berfungsi sebagai penambah kekebalan tubuh. Yang pada akhirnya akan menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kestabilan kekebalan atau imun pada tubuh ini tak lepas dari zat vitamin C yang ada pada paprika.

  1. Juga mencaga metabolisme tubuh

Selain kekebalan tubuh, paprika juga bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh. Dengan begitu, zat-zat yang tidak berguna bagi tubuh akan dapat dengan stabil dikeluarkan oleh tubuh melalui keringat, air seni, maupun lewat BAB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *