Manfaat Oyong Melawan Berbagai Penyakit

Manfaat Oyong Melawan Berbagai Penyakit

Urbanina.com – Dengan berbagai alasan, banyak orang lebih memilih untuk tetap menggunakan tanaman tradisional dalam melakukan penyembuhan terhadap penyakit yang mereka derita. Padahal, ilmu kedokteran sudah masuk di Indonesia sejak lama. Hal ini menjadikan bahan-bahan dari alam sering kali dijadikan obat untuk penyembuhan pasien. Tak hanya penyedia pengobatan elternatif di desa, bahkan di kota pun demikian. Namun, tahukah anda bahwa kita sebenarnya bisa melakukan pengobatan tradisional ini dengan bahan bernama sayuran oyong? Iya, manfaat oyong rupanya cukup banyak untuk mencegah tubuh dari gangguan banyak penyakit dari luar.

manfaat oyong

Oyong merupakan salah satu sayuran yang tidak memiliki rasa pahit. Rasa enak pada oyong menjadikannya sayuran yang juga disuki oleh banyak anak-anak. Pada sayur oyong misalnya, anak-anak cenderung menyukainya dari pada sayur-sayur yang memiliki unsur rasa pahit didalamnya. Rasa dingin ketika dimakan menambah daya tarik kepada para konsumen sayuran yang satu ini. Banyak dari para petani oyong yang sangat memperhatikan sayuran pertumbuhan sayuran ini sehingga hasil panen tanaman oyong menjadi sangat baik untuk dikonsumsi.

Di Indonesia, tanaman oyong memiliki peran tersendiri agar tercipta rasa khas pada menu masakan yang hendak dimasak. Masyarakat mengenal sayuran ini dengan beragam nama yang berbeda berdasar bahasa dimana mereka tinggal. Ada yang menyebut gambas, emes, kimput, dan timput. Meskipun berbeda dalam menyebut, tetapi intinya sama yaitu oyong.

Manfaat oyong sangat beragam dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan kandungan gizi pada oyong mampu memenuhi kebutuhan tubuh dalam menjaga kesehatan. Kandungan vitamin A, B, dan C banyak terkandung didalamnya. Mineral yang terkandung didalamnya juga banyak, yang diantaranya zat besi, seng, magnesium, riboflavin, thiamin. Adapun senyawa kimia yang terkandung didalamnya ialah seperti saponin, luffein, cucurbitacin, citruline yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

Dengan banyaknya kandungan gizi pada oyong, banyak pula manfaat yang dapat diperoleh dari oyong ini. Dari menyembuhkan penyakit, hingga untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut bebrapa khasiat yang didapat dari mengkonsumsi oyong.

  1. Manfaat oyong mengobati radang usus

Sayuran oyong dapat digunakan untuk mengobati penyakit radang usus. Caranya, yaitu dengan membuat ramuan yang berbahan oyong. Adapun campuran ramuannya sebagai berikut. Pilihlah oyong yang sudah tua. Kemudian, oyong tersebut dipotong dan dijemur hingga kering. Setelah itu oyong ditumbuh hingga halus. Barulah setiap 20gram bubuk oyong dapat diseduh air panas setengah gelas dan diminum 2-3 kali secara teratur.

  1. Manfaat oyong mengobati radang tenggorokan

Adapun prosedur dalam membuat ramuannya. Hal ini akan bermanfaat bagi para penderita radang tenggoorokan sebagai obat bagi penyakitnya. Yaitu, buatlah jus yang menggunakan oyong muda dan ditambah gula batu. Lalu, minumlah 2-3 kali sehari secara teratur.

  1. Mengobati asma

Asma merupakan salah satu penyakit yang tidak diinginkan siapapun. Sedangkan oyong merupakan salah satu bahan yang dapat menyembuhkannya. Dengan membuat jus oyong muda beserta tangkainya, penderita dianjurkan meminum jus tersebut 2 kali sehari secara teratur.

  1. Menu sehat bagi anak yang cacingan

Caranya tidak begitu berbeda seperti obat radang usus, beda pada bagian oyong dan dosisnya saja. Buatlah bagian oyong berupa biji yang telah halus ditumbuk untuk dijadikan bahan seduhan air panas. Untuk dosisnya, untuk anak-anak sebanyak 30 gram sedangkan untuk dewasa sebanyak 30-40 gam. Diminum sehari sekali.

Demikian lah berbagai menfaat oyong yang dapat diperoleh dari oyong. Karena banyaknya khasiat oyong ini, bagi orang-orang yang sehat sekalipun akan mendapat menfaat dari oyong ini. Tubuhnya semakin terhindara dari berbagai resiko penyakit diatas dan semakin sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *