Manfaat Okra Bagi Kesehatan

Urbanina.com – Okra (Abelmoschus esculentus Moench) adalah tanaman tahunan dari family Mallow (Malvaceae). Tanaman sayur ini berukuran sebesar cabai hijau besar, kelilingnya memiliki lekuk, ada bulu halus dan warnanya hijau. Bila dipotong-potomg akan kelihatan biji-biji kecil di sekelilingnya. Bila dimasak lendir dari dalamnya akan keluar. Rasa okra renyah dan tekturnya seperti terong. Okra dapat diolah menjadi hidangan tumis, campuran salad, balado dan kari. Secara ilmiah manfaat okra bagi kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Okra kerap dipergunakan dalam masakan di daerah China dan Karibia, namun ketenarannya naik sepanjang masa hingga di nyaris seluruh penjuru dunia, khususnya lantaran sayuran ini bisa dimanfaatkan sebagai lauk, bahan dalam sup, sayuran acar, dan dimanfaatkan untuk minyak yang bisa diekstraksi dan dipakai sebagai minyak sayur. Ada banyak manfaat okra terkait kandungan senyawa organik, vitamin  dan mineral yang ditemui di dalam sayuran ini.

Manfaat Okra Bagi Kesehatan [ ]

Berikut ini 5 manfaat okra bagi kesehatan :

Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Okra adalah sumber mineral dan vitamin, termasuk potasium yang menjadi aspek penting untuk kesehatan manusia. Potasium akan membantu melemaskan arteri dan pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah dan ketegangan pada sistem kardiovaskular. Kandungan kalium pada okra dibutuhkan untuk memelihara keseimbangan cairan yang pas di dalam tubuh. Dengan begitu, okra bisa dijadikan salah satu makanan pilihan guna kesehatan kardiovaskular.

Membantu Mengobati Anemia

Seseorang yang mengidap anemia bisa mendapatkan manfaat okra dengan cara dijus. Jus okra bisa membantu tubuh membuat lebih banyak sel darah merah yang diperlukan dalam mengatasi masalah anemia. Jus okra kaya akan zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin C dan mineral yang lainnya yang membantu membuat sel darah merah lebih banyak.

Kesehatan Tulang

Okra membantu menguatkan tulang karena ada folat yang terdapat di dalamnya. Hal ini akan menambah kepadatan tulang dan bisa menghindari osteoporosis (keropos tulang).

Mengobati Radang Tenggorokan dan Batuk

Okra banyak dipergunakan untuk menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan yang parah lantaran sifat antiseptik dan antibakteri pada okra. Seseorang yang mengalami sakit tenggorokan dan batuk bisa mengonsumsi jus okra secara teratur untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena batuk dan radang.

Membantu Mengobati Diabetes

Manfaat okra selanjutnya adalah untuk mengatasi diabetes (kencing manis). Okra memiliki kandungan insulin yang berguna untuk penyembuhan diabetes. Jus okra bisa membantu menurunkan kadar gula di dalam darah sehingga bila mengonsumsi jus okra secara rutin Anda bisa mengontrol diabetes.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Okra adalah tanaman yang kaya dengan serat larut yang membantu mengurangi kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini mengandung arti kalau Anda bisa menambahkan okra ke dalam daftar menu makanan penurun kolesterol. Okra menjerat kelebihan racun dan kolesterol dalam asam empedu sehingga bisa menghindari banyak permasalahan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *